Monday, April 29, 2024
Home > News > Crime & Law > Diduga PT Tirta Wijaya Karya Gunakan Sertifikat Ahli Tanpa Ijin, Kini di Somasi

Diduga PT Tirta Wijaya Karya Gunakan Sertifikat Ahli Tanpa Ijin, Kini di Somasi


Caption : Ir Iryanti saat ingin jumpa dengan Dirut PT Tirta Wijaya Karya Hj Yeni Ratnasari. (Photo : dok)

Banten-News | Crime & Law | Jakarta

Dalam menjalankan usahanya, pengusaha perlu melengkapi beberapa syarat legalitas. Salah satu dari syarat legalitas tersebut adalah memiliki yang namanya Sertifikat Badan Usaha (SBU). Kepemilikan SBU sangatlah penting bagi sebuah usahanya, khususnya apabila nanti ingin terlibat dengan proyek tender milik pemerintah.

Sertifikat Badan Usaha (SBU) merupakan suatu dokumen sertifikat untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan konstruksi legal dan layak dalam menjalankan usahanya. Pada umumnya, SBU diperuntukkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. SBU diterbitkan oleh Badan Sertifikasi Terakreditasi atau LPJK kepada perusahaan yang sudah lulus atau memenuhi sertifikasi.

SBU juga dijadikan sebagai tanda bahwa perusahaan bisa melakukan pekerjaannya sesuai dengan Klasifikasi Bidang, Sub Bidang, dan Kualifikasi yang tercantum dalam Sertifikat Badan Usaha.

Dalam SBU menjadi bukti otentik formal yang menyatakan kemampuan sebuah usaha konstruksi sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi yang ditentukan. Perusahaan lokal maupun asing yang memiliki SBU sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Dengan informasi diatas maka seorang professional Ir Iryanti yang telah memiliki sertifikat dan SBU PT Tirta Wijaya Karya Diduga digunakan Sertifikat Ahli, data pribadi  Tanpa Ijin, Kini di Somasi, tiba-tiba kaget bahwa Sertifikat Ahlinya digunakan bukan oleh haknya. Sertifikat Ahli Ir Iryanti tiba-tiba digunakan  PT Tirta Wijaya Karya dimana itu adalah perusahaan kontraktor yang beralamat di Jl. Otto Iskandardinata No. 297, Subang – Jawa Barat.

Hal ini membuat Ir Iryanti merasa banyak dirugikan karena Pertama ia tak pernah kenal, kedua ia bukan karyawan PT Tirta Wijaya Karya Subang dan tak pernah Ir Iryanti punya hubungan dengan PT Tirta Wijaya Karya.

“Saya kaget ketika akan memproses SBU nama saya tidak bisa dipaksi karena sudah terdaftar menjadi penanggung jawab subklasifikasi PT Tirta Wijaya Karya,” ungkap Iryanti kepada Redaksi yang menyampaikan kekecewaan kepada  PT Tirta Wijaya Karya.

Ir Iryanti juga kaget ijazah, sertifikat ahli, KTP, NPWP data pribadi saya dipakai mereka. “Ini pemalsuan yang sadis, makanya saya dengan Penasehat Hukum saya sudah ajukan somasi,” lanjutnya.

Ditambahkan Ir Iryanti Sertifikat Ahli  sebagai bukti otentik kompetensi suatu perusahaan konstruksi yang menjadi salah satu pra-kualifikasi untuk dapat ikut serta dalam proyek-proyek besar khususnya yang diadakan oleh pemerintah.

SBU itu adalah kredibilitas perusahaan dan yang memiliki SBU tentu sudah tidak diragukan lagi. “Hal ini akan sangat membantu misalnya pada saat perusahaan akan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk melakukan joint venture atau joint operation. Tapi Sertifikat Ahli saya tiba-tiba dipake oleh PT Tirta Wijaya Karya, ini jelas satu kerugian bagi saya,” ujarnya.

Saat ditanya apa sudah dihubungi PT Tirta Wijaya Karya untuk ditanyakan dan lainnya?

“Saya datang ke kantornya untuk menanyakan, tapi saya tak diterima Direktur Utama PT Tirta Wijaya Karya yaitu Hj Yeni Ratnasari, malah diterima staffnya. Saya kecewa dan pulang. Anehnya saat saya pulang ada yang menelpon orang itu bernama Rizal dan mengaku salah karena soal SBU itu bahwa itu semua karena ditugaskan Haji yang ternyata ayah dari Hj Yeni Ratnasari,” jelasnya.

Saat bicara Sertifikat Ahli Rijal itu tak bilang dia dari PT Tirta Wijaya Karya anehnya ia menawarkan damai, kata Iryanti bahkan dalam sebuah pertemuan yang sduah dua kali dan pertemuan kedua dia tawarkan ke penasehat hukuk saya sejumlah angka soal kasus SBU ini. “Ini aneh sekali saya dianggap apa, Sertifikat Ahli dijual belikan,” ujarnya.

Tim kami Redaksi saat ini sedang berupaya menguhungi PT Tirta Wijaya Karya namun belum bisa tersambung. (TR/PRS-Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *