Thursday, October 1, 2020
Home > News > Greater Banten > Warga Pesisir Banten Selatan Ramai-Ramai Berburu Impun Musim

Warga Pesisir Banten Selatan Ramai-Ramai Berburu Impun Musim


Banten-News | Public Service | Greater Banten

Bagi warga pesisir Sawarna, Banten Selatan, akhir tahun kalender Hijiriah menjadi waktu istimewa. Selain persiapan menuju bulan Ramadhan, di waktu-waktu tersebut adalah waktu datangnya musim Impun. Musim yang datang setiap tanggal 24-26 Ruwah (sistem kalender Hijrian) ini biasa disebut juga musim Salawena, Minggu, 19 April 2020.

Impun merupakan ikan kecil yang di banyak tempat orang menyebutnya dengan ikan cethul, ikan teri atau ikan cere. Biasanya orang memburu Impun dengan jala besar dan perahu, namun di musim Salawena ini orang bisa berburu Impun hanya dengan jala kecil di tepi pantai.

“Hari ini memang sudah masuk tanggal Salawena, musimnya Impun. Makanya orang ramai-ramai pada ke pantai, ngala Impun. Kira-kira sampai 3 hari Kedepan,” kata Erwin Komara Sukma, salah seorang tokoh masyarakat Sawarna.

Jika musim Impun telah tiba, masyarakat dari mulai Muara Cibareno, Muara Cisawarna, Muara Cipamubulan Pulo Manuk, Muara Cimadur Bayah, Muara Cimandiri Panggarangan, Muara sungai Cihara sampai Binuangeun berbongong-bondong pergi ke pantai untuk menangkap Impun.

Hasilnya memang tidak sebanyak nelayan ketika menjaring Impun di laut. Namun  hal ini menjadikan masyarakat mempunyai hiburan dan kepuasan tersendiri saat berburu Impun.

Meski ukurannya terbilang kecil, namun Impun ternyata mempunyai beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Antara lain Menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kulit dermatitis, mengobati sakit tenggorokan, mencegah katarak dan menguatkan tulang karena mengandung fosfor.

“Biasanya hasilnya ya buat di makan sendiri di rumah. Kalau lihat masyarakat kumpul guyub begitu kan ya jadi tempat silaturahmi juga antar warga,” pungkasnya. (satubanten)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close