Thursday, October 29, 2020
Home > News > Crime & Law > Tugu Monumen Perjuangan Legok Hancur Diterjang Truk

Tugu Monumen Perjuangan Legok Hancur Diterjang Truk


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Kabupaten

LEGOK – Tugu monumen yang hancur akibat ditabrak kendaraan truk pada pukul 04 .00 Wib, Jumat (1/8/2020) kemarin memiliki nilai sejarah. 

Tugu yang lokasinya di Jalan Raya Legok tepatnya di Pertigaan Pasar Legok Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang ini diresmikan oleh Camat Legok pada tahun 1990 oleh Camat Legok saat itu dijabat Daryanto, ditandai dengan adanya prasasti.

Mantan Camat Legok Nurhalim juga tokoh masyarakat mengatakan, tugu Legok adalah monumen Yang di buat pada tahun 1960, tugu itu untuk memperingat kejadian perang kemerdekaan yang terjadi di wilayah legok (Tragedi Lengkong) yang dulu masuk wilayah administrasi Legok.

Di tugu tersebut tercantum nama-nama pejuang yang gugur dalam perang kemerdekaan di tulis prasasti dengan tinta emas tentang heroiknya  mereka memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami prihatin atas hancurnya tugu Legok tersebut, karena di tugu tersebut ada nama-nama pejuang yang gigih dalam memperjuangjan kemerdekaan RI diantaranya adalah Salah Satu Pejuang yang tercantum di prasasti pejuang yang berasal dari desa kemuning yaitu Haji Saleh,” terang Nurhalim, Minggu (2/8/2020).

Hal senada dikatakan tokoh pemuda asal Legok Hidayat Albantani, menurutnya keberadaan tugu Legok harus dilestarikan, dia berharap agar Tugu tersebut kembali dibangun seperti sebelumnya, poto serta miniaturnyapun harus menyerupai tugu sebelumnya, agar warga Kecamatan Legok bisa mengenang sejarah dan menghargai pejuang yang sudah berusaha memperahankan negara Republik Indonesia.

“Kami meminta agar Dinas terkait membangun kembali tugu yang menjadi icon perjuangan pahlawan di Legok, dibangun lebih bagus lagi dan dibangun dengan miniatur yang sama,”kata Oyok sapaan Hidayat Albantani.

Sebelumnya diketahui, truk Hino bernomol Polisi B 9949 UVX menabrak tugu sejarah dipertigaan Legok, pada pukul 04 Jumat (1/8/2020). Truk yang dikemudikan Frans Roberto warga dusun III RT.000/000 Kelurahan Tala peta, Kecamatan Stm hilir, Deli serdang Sumatra Utara ini hilang kendali yang diduga akibat mengantuk, truk tersebut menabrak tugu yang mengakibatkan tugu sejarah tersebut hancur lebur. Petugas Kepolisian dari Polsek Legok langsung mengamankan truk dan sopir tersebut. (detakbanten.com)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close