Friday, October 30, 2020
Home > News > Healt > Tangerang Kabupaten Kenalkan SiDoni Kepada Ketua PMI Jusuf Kalla

Tangerang Kabupaten Kenalkan SiDoni Kepada Ketua PMI Jusuf Kalla


Banten-News | Health | Jakarta

Aplikasi Sisitem Informasi Donor Darah Indonesia (SiDoni) dikenalkan kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla oleh Tangerang Bupati A. Zaki Iskandar sebagai buah karya Unit Doroh Darah (UDD) PMI Kabupaten Tangerang.

Pengenalan aplikasi ini dilakukan saat rapat koordinasi di kantor PMI Pusat di Gambir, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020 dan Jusuf Kalla merespons positif.

Bupati Zaki mengatakan selain SiDoni, juga ada aplikasi Ojek Donor (JekDon) yang merupakan turunan dari SiDoni.

Menurutnya, JekDon digunakan sebagai distributor kantong-kantong darah dari UDD ke puskemas ataupun rumah sakit.

“Program SiDoni ini saya memberikan apresiasi. Pemkab sangat mengapresiasi dan mendukung program ini yang bisa menjadi program unggulan Pemkab Tangerang. Tentu saja guna meningkatkan derajat kesehatan warga Kabupaten Tangerang,” jelas Zaki.

Ketua PMI Kabupaten Tangerang Soma Atmaja membenarkan telah mengenalkan aplikasi SiDoni ke mantan Wapres itu.

Dia memaparkan, aplikasi ini mempermudah warga yang akan mendonorkan darahnya. Menurutnya, aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone berbasis android dan diunduh di Google PlayStore.

“Ini aplikasi yang bermanfaat dalam meningkatkan calon pendonor dengan cara yang sangat mudah. Cukup melalui smartphone, kapan saja dan di mana saja bisa diakses. Aplikasi ini sudah meningkatkan jumlah pendonor hingga 70 persen,” jelasnya.

Soma menjelaskan, sudah ada dua daerah di luar Banten yang tertarik pada penggunaan aplikasi SiDoni. Saat ini masih dalam tahap sosialisasi termasuk ke seluruh pengurus PMI kabupaten dan kota di Banten. Ia berharap, permasalahan kekurangan darah di dearah lain dapat teratasi dengan hadirnya aplikasi SiDoni atau serupa.

“Saat ini ada 11 ribu orang lebih pengguna aktif aplikasi ini. Saya berharap semoga kedepan makin bermanfaat bagi daerah lain dan warga Kabupaten Tangerang. Serta kebutuhan akan darah tercukupi dengan aplikasi ini,” terangnya. (tangerangekpres)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close