Monday, October 26, 2020
Home > Life > Environment > Taman Kota 2 di BSD City Makin Menarik Dengan Wajah Baru Kekinian Destinasi

Taman Kota 2 di BSD City Makin Menarik Dengan Wajah Baru Kekinian Destinasi


Banten-News | Environment | Tangerang Selatan

Hutan Taman Kota 2 Bumi Serpong Damai (BSD) City berlokasi di kawasan Jl. Taman Tekno dan Jl. Vinctor. Residents or komunitas of BSD City take a breather on benches at Taman Kota 2, a public park and lung of the satellite city in Tangerang Selatan. Luas areal Hutan Kota 2 ini sekitar 7,5 hektar.

Pengunjung yang menyengaja datang untuk menikmati sejuknya area Hutan Kota 2 sama dengan Taman Kota I tidak dipungut biaya, Senin, 17 September 2019.

Memasuki pintu gerbang Hutan Kota 2 melalui kawasan pergudangan Taman Tekno, kita akan langsung dihadapkan dengan lapangan rumput menghijau yang biasa dibuat arena bermain sepakbola.

Tak perlu bingung memarkir kendaraan, karena lahannya terbilang luas, lengkap dengan sejumlah kios penjaja makanan-minuman yang sudah siap melayani konsumen sejak pagi hingga sore hari.

Thank to Sinar Mas Land, satellite Bumi Serpong Damai City selaku pengelolanya menetapkan, salah satu fungsi Hutan Kota 2 ini adalah juga sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain tentu saja menjadi lokasi wisata dan olahraga yang nyaman, sejuk, murah, juga meriah.

Hutan Kota 1 di BSD, meski sama-sama rimbun dan asri dengan begitu banyak pepohonan, tapi luas areal Hutan Kota 1, hanya sepertiga dari Hutan Kota 2 yang menjadi obyek.

Refreshing merupakan satu kata yang bisa mewakili pepatah di atas. Mens sana in corpore sano “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Menyegarkan kembali badan dan pikiran bisa membuat jiwa kita kuat dan tentram. Taman publik merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif tempat refreshing. Selain gratis, biasanya lokasi berdekatan dengan tempat tinggal kita. Taman Kota 2 BSD City merupakan taman yang cukup familiar di kalangan warga Tangerang Selatan.

Di Awal tahun 2019 ini Taman Kota 2 tampil dengan wajah baru. Bonus fasilitas yang semakin bertambah dan tata letak kekinian. Berikut wajah baru dari Taman Kota 2 BSD City.

Bagi mereka yang ingin menikmati libur akhir pekan tapi tidak ingin jauh-jauh pergi ke luar kota, hutan buatan ini bisa dijadikan pilihan. Fakta menarik tentang Taman Kota 2 BSDseperti Jogging Track, Tempat Pertunjukan, Gazebo dan Fasilitas Umum.Dulu jogging track yang juga berfungsi sebagai pedestrian hanya ada didalam kawasan hutannya saja. Saat ini, kita bisa menemukan jogging track melingkar menyebrangi Sungai Jeletreng.

Didepannya terdapat lahan luas berfungsi sebagai panggung, amphiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni, desain tempat duduk dari semen memanjang membentuk tangga yang menurun.

Dari tempat duduk kita juga bisa melihat pemandangan Sungai Jeletreng, hutan, dan joging track juga bisa menemui banyak wahana permainan, seperti becak mini, kuda, pancing ikan mainan, odong-odong. Dari tempat duduk kita bisa merasakan semilir angin yang berhembus melalui celah-celah dinding.

Gazebo adalah fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama banyak orang, banyak juga yang menyebut saung karena digunakan untuk tempat santai.

Di Taman Kota 2 terdapat gazebo cukup luas dan menyerupai rumah panggung. Bisa digunakan untuk berkumpul dengan orang berjumlah cukup banyak.

Terdapat penambahan fasilitas umum yang cukup signifikan. Beberapa diantaranya yaitu toilet, mushola, dan rumah jaga. Bangunannya cukup bagus dan minimalis. Mushola dibangun menyerupai saung yang terbuat dari beton yang dinding-dindingnya terbuka. Terdapat toilet khusus perempuan dan laki-laki.

Taman multi-fungsi, tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata dan olahraga, Taman Kota 2 BSD juga memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain sebagai laboratorium alam, menjaga kesuburan tanah, sebagai daerah resapan air, serta menjadi paru-paru kota.

“Hutan Kota 2 ini memang dibuka untuk umum sedari jam 06.00 pagi sampai 18.00 sore,” kata Sami, tukang sapu yang setiap hari membersihkan sampah dan daun-daunan.

Pengelola juga mengatur sejumlah tata-tertib lainnya, seperti mewajibkan izin tertulis dari pengelola apabila pengunjung melakukan kegiatan promosi, foto pre-wedding, shootingfilm, dan event hingar-bingar.

“Dilarang membawa senjata tajam, memberi tip, menitipkan uang kepada petugas atau yang mengaku petugas, dilarang melakukan perbuatan asusila, dan hal-hal lain yang bisa mengganggu ketertiban umum serta kenyamanan orang lain,” jelasnya.

Pihak pengelola juga menegaskan larangan bagi pengunjung untuk melakukan aksi corat-coret, dan membawa hewan peliharaan maupun kendaraan bermotor, serta membuang sampah pada tempat yang telah disediakan di area Hutan Kota 2.

Adapun bila terjadi kehilangan barang-barang milik pengunjung, maka pengelola menegaskan tidak akan turut bertanggung-jawab, sekaligus agar pengunjung segera menelepon pengelola melalui nomor telepon (021) 53152688 dan (021) 7566911, apabila terdapatatau terjadi hal-hal yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban sesama pengunjung.

Saat ini nama ‘BSD’ tidak mengacu ke sebuah singkatan, tetapi lebih berupa kata yang berdiri sendiri. Kelompok Sinar Mas lebih mempolulerkan nama BSD City sebagai pembeda dari developer sebelumnya, dan juga menambahkan slogan “Big City Big Opportunity” untuk mempromosikan BSD City.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close