Friday, June 18, 2021
Home > News > Education > Sosialisasi PMB PNJ bersama LTMPT & FDPNI

Sosialisasi PMB PNJ bersama LTMPT & FDPNI


Banten-News | Education | Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengikuti semua jalur seleksi nasional. Semua program D4 atau Sarjana Terapan akan diikutkan pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Untuk program D3 akan mengikuti jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) dan SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).

“Yang terakhir adalah jalur Ujian Mandiri Politeknkik Negeri Jakarta Tahun 2021. Di jalur ini kami membuka peluang lebh banyak lagi kepada adik-adik siswa untuk mengikuti semua jalur seleksi nasional baik bagi D4 maupun D3, program kerjasama dan Magister,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru PNJ, Arliandy P Arbad, M.Eng.

Jadwal proses penerimaan pada semua jalur, lanjutnya lagi, dapat dilihat di website kami di https://pnj.ac.id/ dan perhatikan juga beberapa persyaratan khusus yang tidak terdapat di LTMPT maupun FDPNI. Misalnya Surat Keterangan Bebas Narkoba, karena kita harapkan mereka yang lolos ujian tidak memiliki riwayat konsumsi narkoba. Untuk itu, kami akan adakan verifikasi berkas dan validasi terkait persyaratan khusus.

Ikuti Panduan

Informasi sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 sudah disosialisasi sejak Desember 2020 oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang secara resmi materinya dapat diunduh pada laman https://www.ltmpt.ac.id. Khusus untuk 40 Politeknik yang bergabung dengan LTMPT, termasuk Politeknik Negeri Jakarta, hanya untuk program studi D4 atau Sarjana Terapan.

Kebijakan yang diterapkan dari tahun 2008 adalah Single Sign On, maksudnya untuk semua yang terlibat harus mempunyai akun LTMPT. Baik sekolah yang ingin mengisi PDSS, siswa eligible yang ingin mendaftar di SNMPTN maupun pendaftar UTBK SBMPTN, terutama para siswa kelas 12 dan sekolah yang belum memiliki. Tetapi bila sudah punya akun di tahun sebelumnya namun lupa, cukup minta bantuan tanpa perlu membuat akun baru.

“Beberapa masalah seperti nama Kepala Sekolah tidak muncul atau terjadi kesalahan data sekolah, silakan perbarui data pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/. Kemudian tunggu verifikasi data dengan memantau laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/, Pusdatin akan melakukan sinkronisasi setiap pukul 02.00 dini hari. Data tidak akan berubah, sebelum tombol ‘Perbarui Data’ di-klik. Kemudian cek data sekolah di DAPODIK,” jelas Prof. Budi P Widyobroto selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT.

Tetapi, lanjutnya lagi, jika terjadi kesalahan dalam input data atau foto dan akun sudah disimpan permanen, sesuai dengan disclaimer pada laman pendaftaran data pada akun LTMPT tidak dapat diubah. Karena itu ikuti panduan dengan seksama, apalagi registrasi siswa tahap 1 akan ditutup 1 Februari besok pukul 15.00. Periksa kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan untuk melihat email aktivasi, jika 1×24 jam belum juga mendapatkan coba mendaftar kembali.  (Foto & Article dari azf/Humas PNJ)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close