Sunday, January 29, 2023
Home > Life > Art & Culture > Rupa, DigiArt & Sebuah Respon Kekinian

Rupa, DigiArt & Sebuah Respon Kekinian


Banten-News | Art & Culture | Tangsel

Penulis : AENDRA MEDITA

Seni Rupa (lukis) saat ini menjadi bagian yang bukan sekadar harus merespon pertumbuhan kekinian. Artinya kekinian yaitu dunia digital saat ini yang menguasai keberadaan yang sebenarnya. Karena keberadaan (internet-digital) didunia kini adalah bagian yang substansial yang nyata.

Jika lahirnya dunia lukis dalam era seni mesir kuno 3000-350 SM sampai Neo Expressionism 1980, maka tanpa harus melupakan aliran sebelumnya yang banyak periodenya. Bahwa konteks besar sesuai tema diskusi maka era digital saya melihata bagian periode new media sangat erat kaitannya dengan keberadaan saat ini di dunia saat ini.

DigitalArt bagian yang ada dalam kehidupan yang kini ada dalam genggaman (generasi jari/jempol saat ini) dalam proses perkembangannya menjadi penentu.

Internet dan digital art bagian terpenting sebagai media baru tidak terbendung. Digital art juga kini bagian khusus terbarukan yang paling banyak didiskusikan sebagai langkah propaganda paling penting ada di media digital ini.

Dahsyatnya dunia digital Internet ini luar biasa. Ada transformasi yang cepat. Jika kita bicara telepon dulu kita komunikasi hanya suara, maka internet kini kita bukan sekadar suara tapi juga visual yang jadi paket intergeted system.

Yang menghasilkan visual ini dalam dunia seni rupa bagian penting, makanya pendekatan saya dalam diskusi kali ini telepon, misalnya. Karena hampir semua orang memilikinya. Dan ini fakta yang ada.

Dalam membaca semua ini tema “Seniman Lukis Menghadapi Tantangan Zaman di Era Digital” menjadi bagian penting.

Lantas responnya seniman harus seperti apa? Saya membuat 7 bagian penting agar seniman lukis bisa sejalan dengan konteks zaman kekinian di era digital ini, antara lain:
Pertama: Buat akun khusus untuk karya Anda (website, dan channel), bangunlah jejaring sosial media dimana yang akan kita respon adalah sasaran karya kita dikenal disukai bahkan dimiliki, katanya oleh kolektor. Situs berbagi video dan foto begitu banyak, dan pakailah ini sebagai media yang sangat penting.

Kedua : Saat ini TV Internet lebih masif.
Orang saat ini tak lagi banyak menonton TV di rumah. Mereka memilih melihat TV saluran di YouTube atau link media sosial.

Ketiga: Pelajari dunia perkembangan seninya. Ambil bagian dari semua itu.
Sehingga karya kita akan hadir dalam ruang kemungkinan dan menjadi bagian dari sejarah kelak.

Kempat: Setiap orang berhak menjadi senimana yang setara di dunia. Dalam internet hal kekaryaan akan menyatukan dan dunia saat ini tidak lagi memiliki jarak.

Kelima: Seniman Lukis Indonesia adalah seniman dunia. Dulu orang berpaku pada seniman dunia dan sangat ingin seperti si A B C karena seniman itu berasal dari Amerika Serikat, Italia, Prancis dll. Kini Indonesia adalah bagian dunia dan dunia akan lihat Indonesia pada kenyataannya kaya akan karya kreatif.

Keenam: Internet juga telah mengubah banyak perubahan dunia. Tapi hanya perubahan saja nanti kita jadi penonton percuma. Kita harus ambil bagian dalam digital art ini baik untuk tujuan komersial atau dedikasi idealisme sehingga seorang pelukis dapat juga menikmati cara pola
pertumbuhan kemajuan melalui dunia digital art yang basis utamanya internet.

Ketujuh: Jadikan karya lukis itu juga mengubah banyak hal seperti digital
art karena untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dimana orang
saat ini jelas-jelas sudah bergantung besar di dunia digital.

Secara singkat tulisan diatas adalah pengantar dan saya menyampaikan 7
sikap dalam merespon kekinian era digital.

Catatan akhir
Poster ini hanya ingin saya sampaikan bahwa pada tahun 1993 saya pernah menggelar pameran lukisan para maestro lukis, saat itu lukisan lagi lesu. Dan Pasca Boom seni lukis orang berpikir makin mahal lukisan yang ada di pasar. Saya dan sejumlah kawan mengajak merancang ini di Galeri Hidayat Bandung. Dan terjadilah pameran ini. Terima kasih. (Bn)

*disampaikan dalam diskusi
**) penulis seni & Pemimpin Redakis SENI.CO.ID

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.