Tuesday, July 7, 2020
Home > News > Business > Rencana Revitalisasi Pemkot Tangsel Menguat, Pedagang Pasar Ciputat Tegas Menolak

Rencana Revitalisasi Pemkot Tangsel Menguat, Pedagang Pasar Ciputat Tegas Menolak


Banten-News | Business | Tangsel

Pemerintah Kota Tangerang Selatan siap wujudkan Revitalisasi Pasar Ciputat yang rencananya akan dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan pada tahun ini.

Kepala Disperindag Kota Tangsel Maya Mardiana menjelaskan bahwa Pasar Ciputat merupakan salah satu Pasar Rakyat terbesar di Kota Tangerang Selatan, sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tangsel.

”Karena itu, revitalisasi ini dilakukan nantinya akan disesuaikan oleh Konsep Pasar Rakyat yang modern dan sesuai dengan SNI Pasar,” kata Maya.

Pasar dengan Luas bangunan 5.670 meter persegi ini nantinya akan terdiri dari dua gedung memiliki sekitar 650 pedagang dengan berbagai komoditi. Sementara saat ini kondisi pasar lantai dasar dan lantai satu saja yang dipenuhi pedagang sementara lantai dua dan tiga tidak terisi.

Karena revitaliasasi ini merupakan salah satu proyek strategis daerah, Disperindag memastikan bahwa akan ada banyak dukungan dari berbagai pihak yaitu antara lain dari DPRD, Camat Ciputat beserta Lurah Ciputat dan Lurah Cipayung beserta jajarannya serta OPD terkait. Proses revitalisasi ini juga diawasi oleh unsur TNI/Polri dan Kejaksaan.

”Agar setiap prosesnya berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.” ujar Maya pada hari ini Selasa 23 Juni 2020 yang dilaksanakan kegiatan sosialisasi kepada tokoh masyarakat, pengurus RT/RW, dengan narasumber dari DPRD, Camat Ciputat, pihak Polres Tangsel, Polsek Ciputat, dan Danramil.

Sebelumnya Rizal Rochmin pengurus DPAC LAPBAS Ciputat Tangsel berharap relokasi para pedagang Pasar Ciputat tidak menyulitkan pedagang mendapatkan kembali lapak usahanya

”Kami menyarankan Pengurus Ormas yang ada di wilayah Ciputat memiliki jiwa usaha agar dapat lebih menghidupkan SDM anggotanya dan kami sangat berharap Pemkot dapat berlaku adil dalam relokasi pedagang karena ke depan pasar ciputat akan menjadi pasar modern yang ada di Tangsel,” tandasnya.

Yani seorang pedagang, 48, misalnya mengaku tak setuju dengan adanya revitalisasi pasar lantaran selama ini program pemerintah tidak bisa berbuat banyak.

“Kalau memang menurut saya pribadi, lebih baik tidak perlu direnovasi. Kita berdagang seperti biasa saja, lancar setiap hari,” kata Yani, Sabtu, (27/6/2020).

Pria yang sudah berdagang selama 20 tahun di Pasar Ciputat itupun mengungkapkan, alasan tidak setuju terhadap revitalisasi lantaran akan berpengaruh terhadap pemasukan hasil penjualan.

Hal senada disampaikan pa Kumis, 58, menurutnya dengan pemindahan lokasi dagang juga akan berpengaruh terhadap pemasukan.

“Pasti mempengaruhi, seperti kalau ada pembeli langganan yang tidak mengetahui dimana lokasi pedagang dipindahkan, pastinya dia akan lari ke pedagang yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Rizal Bawazier, salah satu Bakal Calon Walikota Tangsel menyoroti rencana revitalisasi Pasar Ciputat. Dalam revitalisasi Pasar Ciputat itu, pihaknya berharap rencana tersebut dapat ditunda dulu.

Pasalnya, pengusaha sekaligus owner RB Group itu berkeyakinan bahwa pasar tradisional nantinya akan menjadi trend gaya hidup masyarakat. 

“Tunda aja dulu. Nanti dulu deh ya Revitalisasi. Mending dipakai buat menangani perekonomian yang lebih cepat,” terang Rizal Bawazier.

Menurut Rizal, kebiasaan berbelanja di pasar tradisional sudah menjadi trend gaya hidupnya. Bahkan, dirinya mengaku setiap hari Selasa akan selalu berkunjung di pasar tradisional.

“Kebiasaan belanja ke pasar tradisional ini akan kita lakukan tiap hari Selasa. Dan ini hanya sebagai trigger saja, kita harapkan bisa menjadi gaya hidup kembali berbelanja di pasar tradisional,” terang Rizal Bawazier.

Pasar tradisional Ciputat, menurut Rizal Bawazier bakal menjadi daya tarik warga lantaran Pasar Ciputat memiliki cerita sejarah sendiri yang dikenal masyarakat atas keberadaanya di Kota Tangerang Selatan. (Mlt)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close