Friday, March 29, 2024
Home > News > Infrastructure > Ratusan Rumah Terendam, Enam Kecamatan di Kabupaten Serang Dilanda Banjir

Ratusan Rumah Terendam, Enam Kecamatan di Kabupaten Serang Dilanda Banjir


Banten-News | Infrastructure | Serang

Hujan yang terus menerus turun di daerah Kabupaten Serang, menyebabkan sungai Ciujung mengalami peningkatan debit air. Terlebih, kiriman air dari hulu daerah Kabupaten Lebak ke wilayah aliran sungai hilir Kabupaten Serang.

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, sebanyak 6 kecamatan dilanda banjir.

Keenam kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Kibin, Desa Nagara dan Desa Cijeruk. Kecamatan Pamarayan, Desa Sangiang dan Desa Wirana. Kecamatan Tunjungteja, Desa Bojong Pandan. Kecamatan Cikeusal, Desa Gandayasa, dan Desa Panosogan. Kecamatan Padarincang Desa Citasuk serta Desa Batukuwung. Terakhir Kecamatan Tirtayasa, Desa Tengkurak.

“Tinggi muka air rata-rata 10 Centimeter hingga 70 Centimeter. Ini semua pun masih dalam pantau BPBD Kabupaten Serang,” ungkap Manager Crisis Center, BPBD Kabupaten Serang, Joni ditemui di ruang kerjanya, Senin(7/12/2020).

Joni juga mengatakan, pusat pengendalian operasi memberangkatkan 4 Tim Reaksi Cepat BPBD ke 6 titik daerah terdampak banjir, agar dapat diberikan bantuan serta pertolongan pertama.

“Dari hasil olah data yang dilakukan dilapangan diperoleh sebanyak 235 rumah, 250 KK, dan 796 Jiwa terdampak banjir,” jelasnya.

Diakhir wawancara, Joni mengakui, untuk saat ini warga masih bertahan di dalam rumah, dan tidak ingin dilakukan evakuasi.

“Rata-rata warga masih tetap dirumah belum mengungsi, dan kalaupun ada mereka memilih kerumah saudaranya. Tapi kita masih terus pantau jika nanti ada warga minta evakuasi,” tutup Joni seraya mengakhiri wawancara.

Diketahui, dalam penanganan bantuan respon cepat itupun. BPBD Kabupaten Serang dibantu oleh semua unsur. Mulai dari Muspika, TNI Polri, perangkat desa, relawan dan masyarakat. (detakbanten.com/Aden)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *