Tuesday, March 19, 2024
Home > News > Greater Banten > Ratusan Anak Berlomba Membaca Al-Qur’an Secara Virtual Dengab Berantas Buta Al-Qur’an 2021

Ratusan Anak Berlomba Membaca Al-Qur’an Secara Virtual Dengab Berantas Buta Al-Qur’an 2021


Banten-News | Religion | Tangerang Selatan 

Memperingati Maulid Nabi dengan memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an melatarbelakangi Lomba Membaca Al-Qur’an Virtual yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML).

“Membaca Al-Qur’an, mendalami maknanya, kemudian mengamalkannya dalam keseharian adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari sana, kita juga berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Qur’an, tanpa terbatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi, secara daring sebagaimana kita laksanakan hari ini,” ujar Ketua Dewan Pembina YMSML, Saleh Husin, Minggu (24/10/2021).

Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa.

Tak kurang dari 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/musala di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi, unjuk kemampuan secara daring melalui Zoom pada Sabtu (23/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai dengan September.

Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori di antaranya katergori A untuk anak usia 7-9 tahun, kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, dan kategori C untuk anak usia 13-15 tahun dengan total hadiah sebesar Rp42 juta. Penulis Buku Metode Mama Papa, Ustaz Muhammad Taslim menjelaskan bahwa metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan pendekatan cerita.

“Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Al-Qur’an.”

Ratusan peserta ini merupakan anak didik ustaz dan guru mengaji yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Pelatihan itu merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif. Selama pelatihan, mereka dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut.

Program BBQ telah berlangsung sejak 2018 hingga 2019 yang diikuti oleh 600 ustaz/ustazah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan musala di sekitar kawasan BSD City. Di tahun ini, YMSML memperluas jangkauan hingga ke masjid/musala di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. (Rls/Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *