Wednesday, January 27, 2021
Home > News > Education > Pramuka Mauk Siap Jadi Kader Kebersihan

Pramuka Mauk Siap Jadi Kader Kebersihan


Masih ada orang yang membuang sampah sembarangan. Padahal sampah dalam bentuk apapun, ternyata masih dapat dimanfaatkan. Selain lingkungan jadi bersih, sampah tersebut bisa menjadi berkah bagi siapapun.

Caranya, sampah yang memiliki nilai jual dikelola dengan baik. Setelah dijual, hasilnya bisa digunakan untuk bermacam-macam hal.

Demikian disimpulkan Pramuka Mauk, Tangerang Kabupaten (Tangkab) saat mengingat pentingnya kebersihan dan mencari solusi permasalahan sampah di tengah masyarakat.

“Pramuka di Mauk menginginkan pembentukan masyarakat kader kebersihan, pendidikan karakter masyarakat di bidang sampah, dan di bentuk tim relawan sosialisasi sampah, ini cara mengatasi solusi sampah yang ada diwilayah Mauk,” kata Napiuddin, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mauk, Sabtu, 21 September 2019.

Dia berharap, gerakan ini bisa diaplikasikan dimana saja termasuk sekolah-sekolah, tempat ibadah, warung-warung dan juga rumah tangga.

“Berbicara sampah tentu hal sepele. Karena itu kami ingin mengajarkan siswa membuang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya. Setelah itu, tim relawan akan memilah dan menjual kepada pengepul. Hasilnya bisa digunakan untuk membantu siswa kurang mampu atau kebutuhan sarana prasarana sekolah.

Namun dari gerakan ini bisa membentuk karakter anak cinta kebersihan lingkungan sekaligus mengajarkan untuk bersedekah. Pembinaan dan sosialisasi terus dilakukan ini bisa mengurangi sampah yang ada di Mauk, dan Pramuka siap menjadi kader kebersihan,” terang Napiuddin yang juga menjabat Kasie Kurikulum Disdik Tangkab.

H.Cucu Abdurrosyied, mendukung atas gagasan dibentuknya kader kebersihan dikalangan pramuka kwartir ranting mauk, yang selaras dengan 15 program unggulan Bupati Tangerang.

Yang terpenting bukan hanya wacana tapi dilaksanakan dengan konsisten dan hasilnya dapat dirasakan dan bermanpaat oleh masyarakat yang ada di Mauk.

“Kami muspika kecamatan mauk apresiasi langka pramuka membentuk kader kebersihan dan tim relawan, mudah-mudahan ini bisa terwujud, pasalnya pramuka dan muspika mauk sudah menjalankan 15 program unggulan Bupati Tangerang,” jelas Sekcam Mauk, H Cucu Abdurrosyied. (TO)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close