Thursday, March 28, 2024
Home > News > Crime & Law > Polresta BSH Ingatkan Masyarakat Kapasitas Parkir di Bandara Soetta Terbatas

Polresta BSH Ingatkan Masyarakat Kapasitas Parkir di Bandara Soetta Terbatas


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Bandara

Satuan Lalu Lintas Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Sat Lantas Polresta BSH) mengeluarkan imbauan terkait terbatasnya kapasitas tempat parkir kendaraan di Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Kasat Lantas Polresta BSH, Kompol Bambang Askar Sodiq, hal itu sengaja dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat 2022 sebagai antisipasi arus balik mudik Lebaran 2022/Idul Fitri 1443 H.

“Kapasitas parkir terbatas. Imbauan kepada pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta agar mengatur waktu pada saat menjemput keluarga pascamudik Lebaran Tahun 2022,” kata Kompol Bambang AS, Rabu, 4 Mei 2022.

Sebagai informasi, kapasitas parkir di Bandara Soetta hanya mampu menampung 5.919 kendaraan roda empat (mobil). Dengan rincian 1.802 di Terminal 1, 1.340 di Terminal 2, dan 2.777 di Terminal 3.

Bagaimana pengaturan waktu yang dimaksud? “Ya, jangan terlalu cepat datang karena bisa menyebabkan penumpukan atau kepadatan di areal parkir. Jadi waktunya harus disesuaikan. Misalkan estimasi landing-nya jam 14.00, gak perlu tiba di areal penjemputan parkir menunggu terlalu lama, paling tidak 5 menit sebelumnya, karena pasti waktu pengambilan bagasi di conveyor bagasi akan lama mengingat lonjakan arus balik,” terang Kompol Bambang AS.

Tak lupa Kompol Bambang AS juga mengingatkan bahwa area parkir Bandara Soetta sudah menggunakan sistem pembayaran elektronik. “Pastikan saldo pembayaran elektronik Anda mencukupi,” pesannya.

Pihak kepolisian memperkirakan puncak arus balik pengguna transportasi udara akan terjadi pada H+5 (Jumat, 8/5), H+6 (Sabtu, 9/5), dan H+7 (Minggu, 10/5) Lebaran 2022, masing-masing dengan jumlah perkiraan 154.914 penumpang, 136.595 penumpang, dan 136.333 penumpang.

Sebelumnya, saat arus mudik H-10 hingga H-1 Lebaran 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat transaksi 763.864 kendaraan menuju Bandara Soetta.

“Secara psikologis, masyarakat yang akan berangkat mudik dan yang balik itu berbeda. Pasti berbeda karena semangat mudik dan balik itu sangat jauh berbeda. Secara psikologis masyarakat yang balik akan emosi tinggi karena mereka letih, capek, duit abis, besok masuk kerja, dan jemputan lama,” ungkap Kompol Bambang AS.

Oleh karena itu, tegas Kompol Bambang AS, Sat Lantas Polresta BSH bersama pihak terkait lainnya di Bandara Soetta akan memberikan pelayanan maksimal demi kelancaran arus balik Lebaran 2022, dengan demikian berarti juga ikut menjaga kesehatan psikologis masyarakat karena mudik kali ini berjalan aman dan nyaman. (Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *