Saturday, July 24, 2021
Home > News > Crime & Law > Polres Serang Gelar Bersih dan Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Lontar Hari Ini

Polres Serang Gelar Bersih dan Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Lontar Hari Ini


Banten-News | Crime & Law | Serang

Kepolisian Resor (Polres) Serang yang dipimpin Kapolres AKBP Mariyono berserta Polsek jajaran, Koramil serta Pengurus Bhayangkari Cabang Serang melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon mangrove di Pantai Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Jumat, (25/6/2021).

Kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman pohon mangrove ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-75. Dalam kegiatan bakti sosial itu, juga dilakukan pemberian paket sembako kepada petugas jaga hutan mangrove dan warga setempat.

AKBP Mariyono mengatakan maksud dan tujuan kegiatan penanaman bibit mangrove adalah untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan perairan yang ada di Pantai Lontar mengingat pentingnya ekosistem mangrove sebagai fungsi ekologis dan proteksinya.

“Penanaman mangrove ini penting, mengingat fungsi yang dimiliki hutan mangrove secara ekonomi, proteksi maupun konservasi. Selain mempunyai fungsi ekologis sebagai tempat hidup biota perairan, juga menjadi tempat pemijahan dan pembesaran berbagai macam biota,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, selain menanam mangrove, dalam rangkaian memperingati HUT Bhayangkara ke-75 ini juga dilakukan bakti sosial bersih-bersih pantai.

Para personil maupun Pengurus Bhayangkari menyisir Pantai Lontar membersihkan berbagai jenis sampah seperti botol bekas air kemasan, bungkus makanan, ranting kayu, dan jenis sampah lainnya dimasukkan dalam karung plastik.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung untuk menjaga kebersihan guna menciptakan budaya bersih lingkungan dalam rangka terwujudnya Pantai Lontar yang bersih, indah, nyaman dan sehat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengingatkan dan mengimbau agar masyarakat patuh untuk melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19 yang saat ini kembali meningkat, bahkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Banten meningkat dari zona kuning ke orange.

Masyarakat juga diimbau untuk turut menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.  Tidak perlu khawatir atau takut dengan pelaksanaan vaksin Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah sebagai upaya imunitas dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Bagi yang sudah divaksinasi, kita minta untuk tetap menjaga dan selalu menerapkan prokes 5M, diantaranya tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Dengan menjaga prokes mudah-mudahan pandemi Covid-19 cepat berakhir,” tandasnya.

Masyarakat Desa Lontar sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman pohon mangrove ini dan berharap kedepannya ekosistem mangrove dapat terus terjaga dan tidak dirusak. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian paket sembako. (Foto & Article dari Hms-Polres/Mlt)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close