Tuesday, December 6, 2022
Home > News > Crime & Law > Polisi Patroli KYRD Gabungan Soal Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Polisi Patroli KYRD Gabungan Soal Antisipasi Gangguan Kamtibmas


Banten-News | Crime & Law | Serang

Dalam rangka mengantisipasi Gangguan Kamtibmas (Guantibmas-red) Kapolres Serang AKBP Yudha Satria memimpin langsung Patroli KYRD gabungan TNI-Polri dan Satpol-PP, Sabtu (5/11/2022) malam.

Pada kesempatan tersebut, nampak hadir Kapolres Serang, Wakapolres Serang, PJU Polres Serang, 1 Pleton Personil Kodim 0602/Serang, 1 Pleton Personil Pol PP, 1 Pleton Satsamapta Polres Serang, 1 Pleton Satlantas Polres Serang, 1 Pleton Gabungan Sat Reskrim, Intelkam dan Narkoba, 1 Pleton Gabungan Staf Polres Serang.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria mengatakan tujuan dari kegiatan patroli tersebut. Bahwa patroli gabungan bertujuan untuk melaksanakan patroli secara proaktif terutama untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara bersama-sama.

“Patroli diadakan karena belakangan sedang marak kelompok kenakalan remaja berupa geng motor. Bahwa akhir-akhir ini kelompok geng motor cukup meresahkan masyarakat bahkan adanya kejadian pada minggu lalu di wilayah hukum Polres Serang yang terjadinya penganiayaan anak remaja hingga meninggal dunia,” kata Yudha.

Dalam kegiatan tersebut Yudha menjelaskan beberapa sasaran patroli. Untuk sasaran patroli gabungan malam ini yakni sajam, kendaraan bermotor, miras dan melakukan pemeriksaan terhadap warga masyarakat.

Yudha mengatakan dalam pelaksanaan patroli KYRD gabungan pihaknya tetap melaksanakan sesuai SOP yang berlaku sesuai sprin.

“Kita melaksanakan sesuai SOP yang berlaku sesuai sprin namun demikan, dalam patroli KYRD ini pihaknya melaksanakan Patroli proaktif (hunting) dengan sasaran orang-orang yang di curigai membawa bawa barang yang bisa di lakukan untuk kekerasan dan kita melaksanakan patroli secara bersamaan, sasaran berhenti ketika melihat kerumunan pemuda yang sedang berkumpul dan agar diberikan himbauan untuk dibubarkan,” terang Yudha.

Yudha menjelaskan kegiatan patroli dibagi menjadi beberapa rute. Bahwa patroli KYRD gabungan dibagi menjadi dua rute patroli yakni jalur utara dan selatan dan untuk jalur utara, pihaknya menyisir wilayah Pontang, Tirtayasa, Tanara, Carenang dan Kawasan Modern Cikande, sementara untuk jalur selatan, pihaknya menyisir jalur Petir, Tunjungteja, Pamarayan dan kawasan Modern Cikande, jadi dari dua regu patroli kali ini dibagi menjadi dua rute, dan kita secara bersamaan seluruhnya kumpul di Kawasan Modern Cikande.

Dari hasil patroli tim berhasil mengamankan sekelompok pemuda yang berkumpul. Dari Regu I telah menemukan beberapa remaja sedang berkumpul sambil minum miras di pinggir jalan raya Pontang, dan selanjutnya personil membubarkan dan memberikan himbauan untuk tidak berkumpul sambil meminum miras serta mengamankan miras, dan tidak hanya membubarkan remaja nongkrong, Regu I telah mengamankan 17 Dus miras, terdiri dari 15 Dus Anggur Merah dan 2 Dus Beer Prost di sebuah warung di wilayah Kampung Begog, Desa Singarajan-Pontang dan 1 Unit R2 Honda Scoopy yang tidak dilengkapi surat-surat.

Sementara, untuk Regu II, petugas patroli juga menemukan beberapa remaja sedang bermain PS di wilayah Cikeusal.

“Dari Regu II petugas patroli juga menemukan beberapa remaja sedang bermain PS di wilayah Cikeusal, kemudian dilakukan pemeriksaan kendaraan R2 terhadap remaja yang membawa kendaraan selanjutnya diberikan himbauan kepada pemilik PS pada pukul 00.00 untuk ditutup dan kembali kerumah masing-masing dan personil gabungan regu II juga berhasil mengamankan minuman keras dari sebuah warung di wilayah Pamarayan, sebanyak 6 botol anggur merah, 2 botol beer guines, 1 botol beer singaraja, 1 botol initisari, 9 botol Am Gold dan 9 botol anggur kolesom,” ujar Yudha.

Kapolres Serang menegaskan, kegiatan Patroli KRYD Gabungan tersebut dalam rangka antisipasi guantibmas di wilayah hukum Polres Serang, tentunya guna menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat.

“Kami minta sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Serang agar dapat sama-sama proaktif dalam menjaga kamtibmas dan segera menghubungi kepolisian terdekat jika terjadi hal-hal yang dapat memicu terjadinya aksi kriminalitas, seperti genk motor dan aksi-aksi lainnya,” tutup Yudha (Bidhms/Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.