Thursday, May 13, 2021
Home > News > Crime & Law > Polda Banten Siap Layani Kemudahan Info Progres Aduan

Polda Banten Siap Layani Kemudahan Info Progres Aduan


Banten-News | Crine & Law | Serang

Polda Banten dan jajaran siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat terutama tentang progres penangan pengaduan suatu perkara.

Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Selasa (27/4/21) di Serang menegaskan hal itu terkait sehari sebelumnya Kapolri telah meluncurkan website SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) secara online.

Sejalan perkembangan dan kemajuan tekhnologi, khususnya di bidang tekhnologi informasi, dengan ciri utama cepat dan efektif, masyarakat selalu ingin segera mengetahui perkembangan perkara yang diadukannya kepada polisi.

Bagi Polda Banten dan jajaran, khususnya Direktorat terkait dan Polres-Polres, kata Rudy, tidak ada pilihan lain kecuali harus menyiapkan diri menjadi pelayan yang terbaik bagi masyarakat.

Rudy melanjutkan, sikap melayani harus betul-betul ditampilkan secara humanis. Tetapi, lanjutnya, jangan salah mengartikan bagaimana seharusnya bersikap tegas.

“Tegas itu bukan keras dan kasar dengan mengutip ‘hal ini sesuai instruksi atasan’, tapi perlakukan masyarakat dengan baik disertai sikap-sikap mau mendengar dan menjelaskan kepada mereka yang membutuhkan layanan,” kata Rudy.

Selain kesiapan dari segi peralatan, Rudy juga memerintahkan agar segera disiapkan petunjuk praktis bagi masyarakat.

“Sosialisasi disegerakan. Muatan utamanya adalah petunjuk dan tips praktis mengakses informasi SP2HP agar mereka betul-betul lega merasa terlayani karena dapat segera mengetahui perkembangan penanganan perkara yang mereka adukan,” petunjuk Kapolda Rudy kepada jajarannya.

Mantan Kadiv Hukum Polri itu juga mengingatkan jajarannya, dalam memberikan pelayanan yang terbaik, tetap harus memerhatikan ketentuan batas masa penyidikan yang sudah diatur oleh hukum acara pidana (HAP) dan Peraturan Kapolri (Perkap) terkait.

Peluncuran SP2HP diluncurkan secara virtual oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/4/21). Selain itu, Kapolri juga meluncurkan sistem E-PPNS (elektronik -Penyidik Pegawai Negeri Sipil).

Dalam peluncuran virtual yang diikuti seluruh Kapolda masing-masing dari 34 Kapolda tersebut, Kapolri didampingi Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono dan Kabareskrim Komjen Pol. Agus Andrianto.

Di Mapolda Banten, Kapolda Rudy memimpin vicon tersebut, diikuti para pejabat utamanya antara lain Wakapolda Brigjen Pol. Ery Nursatari dan Irwasda Kombes Pol. Ady Suseno serta kapolres jajaran. (Foto & Article dari Bid-Humas)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close