Wednesday, May 25, 2022
Home > News > Crime & Law > Polda Banten Lakukan Pemeliharaan dan Perawatan Senjata

Polda Banten Lakukan Pemeliharaan dan Perawatan Senjata


Banten-News | Crime & Law | Serang

Anggota Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Banten melakukan pemeliharaan dan perawatan senjata yang dimiliki di Kantor Satbrimobda Banten, Selasa (26/4/2022).

Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Septiono menyampaikan bahwa pemeliharaan secara berkala bertujuan agar senjata mencapai usia pakai lama dan selalu siap untuk digunakan jika dibutuhkan, termasuk latihan menembak.

Selanjutnya Kompol Septiono mengatakan pembersihan dimulai dengan menyiram senjata atau merendam dengan cairan pelarut untuk melunakkan kotoran di sela-sela atau sudut senjata. Sedangkan untuk laras digunakan pelarut tembaga agar melarutkan partikel tembaga atau jelaga yang tertinggal dari selongsong peluru, baru kemudian dibersihkan dengan lantak atau sikat bor untuk memecah kumpulan kotoran pada laras.

“Setelah dibersihkan selanjutnya memberikan lubrikasi pada bagian logam minyak senjata selain mencegah keausan dan korosi juga saturasi kelembaban. Minyak juga merupakan pengumpul kotoran dan bubuk mesiu, khususnya pada sekitar lencana tembak lalu Pastikan memberi minyak pada bagian yang berputar, sedangkan gemuk, sebaiknya dioles cukup tipis agar tidak menghalangi gerakan senjata,” ujarnya. (Bidhumas/Red-BN).

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.