Friday, March 29, 2024
Home > News > Crime & Law > Polda Banten Jalin Kerjasama di Bidang Keamanan Dengan Krakatau Bandar Samudera

Polda Banten Jalin Kerjasama di Bidang Keamanan Dengan Krakatau Bandar Samudera


Banten-News | Crime & Law | Serang

PT Krakatau Bandar Samudera bersama Polda Banten melakukan perjanjian kerjasama di bidang Keamanan.

Perjanjian kerjasama tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama CEO Krakatau Internasional Port Akbar Djohan di ruang Crisis Center Polda Banten, Kamis, (2/3/2021).

Dalam sambutannya, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan perwujudan komitmen antara Polda Banten dan PT Krakatau Bandar Samudera.

“Hari ini kita Kepolisian Daerah Banten bersama PT Krakatau Bandar Samudera melakukan perjanjian kerjasama, dimana perjanjian ini merupakan komitmen kita untuk menjalani kerjasama di bidang pengamanan aset serta penegakan hukum di lingkungan PT Krakatau Bandar Samudera,” ucap Kapolda Banten.

“Dan perjanjian ini merupakan upaya kita bersama untuk melakukan pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum terhadap setiap ancaman dan gangguan keamanan yang dapat mengakibatkan terganggunya kegiatan operasional PT Krakatau Bandar Samudera ini. Mengingat PT Krakatau Bandar Samudera ini merupakan pengelola pelabuhan dan logistik yang berada di wilayah perairan Selat Sunda dan pelabuhan ini berpotensi menjadi objek vital nasional menurut Perpol Nomor 3 Tahun 2019 karena merupakan lokasi yang dikelola oleh BUMN,” lanjut Kapolda Banten.

Kapolda Banten juga menyampaikan bahwa perjanjian tersebut bermakna sangat strategis, dikarenakan selain mendukung kebijakan pemerintah dan pembangunan nasional dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Perjanjian ini juga merupakan upaya untuk memperkuat pemeliharaan Kamtibmas dengan menjalin kemitraan dan memperkuat sinergi Polisional.

“Untuk itu, saya berharap perjanjian ini dapat segera ditindaklanjuti oleh para pihak, dengan mengindentifikasi potensi gangguan, menentukan konfigurasi standar pengamanan dan melakukan audit sistem manajemen pengamanan. Dengan demikian, diharapkan seluruh klausul dalam perjanjian ini dapat dilaksanakan dengan baik,” tutup Kapolda Banten.

Sementara itu, CEO Krakatau Internasional Port Akbar Djohan menyatakan bahwa perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk memberikan keamanan di Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera.

“Hari ini telah terlaksana perjanjian kerjasama PT Krakatau Bandar Samudera dengan Bapak Kapolda Banten dalam rangka untuk memberikan nilai tambah bagi pelabuhan kami. Dimana kami yakin dengan tantangan dan ancaman saat ini menjadi hal yang mutlak untuk kami meningkatkan level di bidang keamanan dan keselamatan. Baik keamanan pada kapal yang berlabuh maupun ABK nya serta kargonya,” ucapnya.

“Apalagi pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera ini berada di lokasi yang sangat strategis di Selat Sunda, sehingga melalui perjanjian ini bisa mencegah ancaman-ancaman yang dapat terjadi, seperti ancaman teroris dan penyeludupan di pelabuhan. Dan dalam MOU ini kami meminta pembinaan dari Polda Banten untuk bisa memberikan standar SOP bagaimana layaknya objek vital yaitu pelabuhan kita yang merupakan aset milik negara,” tutupnya, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga. (Bidhumas/Mlt)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *