Tuesday, December 6, 2022
Home > News > Education > PMK-M Unpam Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Islamiyah Serua

PMK-M Unpam Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Islamiyah Serua


Caption : Foto bersama Mahasiswa, Dosen Pembimbing, Pengurus Yayasan dan Pengurus Sekolah).

Banten-News | Education | Tangsel

Oleh : Sylvia Dwi Hadiyanti, Mahasiswa Unpam

(Artikel disusun oleh mahasiswa dalam kegiatan PMK-M pada bulan November 2022)

Pada perkembangan di era teknologi saat ini sangat berkembang dengan pesat, salah satu nya dampak dari kemajuan adanya teknologi saat ini yaitu internet. Dari internet ini sudah banyak berbagai banyak informasi yang dapat di akses secara bebas.

Tidak hanya informasi yang di dapatkan, berbagai sarana hiburan yang di sediakan juga dapat di akses dengan mudah seperti game online. Game online saat ini banyak dimainkan oleh kalangan orang dewasa, tidak hanya kalangan dewasa saja, tetapi sampai kepada kalangan anak-anak terlebih anak-anak yang masih di bawah umur.

Perkembangan yang sangat pesat pada game online ini sangat menarik perhatian, karena mulai dari gaya bermain, tampilan, resolusi gambar yang sangat menarik untuk di mainkan bagi kalangan orang dewasa atau kalangan anak – anak saat ini.

Dalam proses pembelajaran ini, tentunya akan memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa, banyaknya waktu yang akan dihabiskan hanya untuk bermain game online yang akan mempengaruhi perilaku siswa contoh nya berupa kurangnya jam tidur, males belajar, bolos sekolah, dan sering terlambat datang sekolah dan akan berpengaruh terhadap kesehatan psikologi siswa dan emosionalnya.

Hal ini dilakukan sosialisasi berupa pengetahuan mengenai pengaruh game online terhadap siswa yang disampaikan oleh kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang kepada siswa dan siswi di SMP Islamiyah Serua.

Mereka adalah empat mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang yang terdiri dari Rian Hidayatuloh, Risthie Klarissa, Alfi Novrizal Wibisono, dan Sylvia Dwi Hadiyanti.

(Dokumentasi Bersama Mahasiswa dan Siswa-siswi SMP Islamiyah Serua)

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dalam rangka kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMK-M), yang merupakan kegiatan bersosialisasi untuk memberikan pengetahuan atau manfaat bagi masyarakat sekitar terkhususnya bagi siswa dan siswi di SMP Islamiyah Serua.

Ketua PMK-M Universitas Pamulang, Rian Hidayatuloh mengatakan, pengrauh game online ini sangat membawa dampak negatif bagi prestasi siswa saat ini karena dengan keterbiasaan nya yang akan membawa ke kebiasaan buruk seperti tidak bisa mengontrol waktu dalam kesehariannya, namun di sisi lain ada dampak positif nya juga yaitu dapat menghilangkan rasa kepenatan dan dapat memberikan rasa rileks terhadap fisik maupun psikologis dari setiap individunya.

Keterbiasaan yang sering di temukan atau saat melihat anak-anak sekolah bermain game online di tempat-tempat umum pada waktu yang tidak tepat, dimana seharusnya digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah tetapi hanya di habiskan untuk bermain game. Ini salah satu dari contoh yang sudah membuktikan bahwa game online sudah membuat para siswa kecanduan.

Kecanduan game online mempengaruhi cara seseorang dalam melakukan komunikasi interpersonal, selain itu pecandu game online sulit bagi mereka untuk berinteraksi dengan orang lain secara terbuka dan kebanyakan dari mereka menutup diri dan tidak bergaul dengan orang banyak.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan remaja saat ini dapat mengetahui dengan apa yang diberikan pengetahuan mengenai apa dampak buruk yang akan terjadi di kemudian hari sehingga siswa SMP Islamiyah dan masyarakat disekitar dapat menyadari akan dampak yang tidak baik ini” ujarnya, Kamis (03/11/2022).

Sementara itu, Yulianto selaku dosen pembimbing, mengatakan bahwa kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMK-M) ini merupakan program mahasiswa dalam bersosialisasi sebagai wujud dalam pelaksanaan kewajiban salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan PMKM ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi kami sebagai insan akademik terhadap persoalan di masyarakat luar, terkhususnya dalam peningkatan daya prestasi siswa sebagai salah satu kebiasaan yang baik bagi siswa di SMP Islamiyah Serua, sehingga tidak terpengaruh dengan adanya game online saat ini. Kegiatan ini telah sukses dilaksanakan dengan antusias para siswa dan siswi dalam mengikuti kegiatan yang di hadiri oleh beberapa perwakilan guru-guru yang ikut serta dalam menyaksikan sesi presentasi, pemaparan materi dan sesi tanya jawab, kegiatan ini di sampaikan oleh ketua dan anggota kelompok PMK-M di SMP Islamiyah Serua, Bojongsari – Depok,” tuturnya.

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.