Friday, September 17, 2021
Home > News > Infrastructure > Peringatan Keras Terkait Skenario Terburuk Gempa Dan Tsunami : BMKG

Peringatan Keras Terkait Skenario Terburuk Gempa Dan Tsunami : BMKG


Banten-News | Infrastructure | Jakarta

Badan Meteorologi Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan keras terkait skenario terburuk gempa dan tsunami di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang diprakirakan bisa mencapai 25-28 meter.

Potensi tersebut lantaran dalam peta, Kabupaten Pacitan dekat dengan teluk yang mengumpulkan tenaga gelombang tinggi dan relatif dekat dengan letak episentrum gempa, sehingga dapat dikatakan menjadi zona merah.

“Misalnya peta daerah Pacitan, Jawa Timur, warna merah menunjukkan gelombang tinggi 10-14 meter, makin merah makin tinggi pula gelombang, warna kuning gelombang 2-3 meter, serta warna hijau gelombang setengah meter. Bahwa ada 10 kajian ilmiah terkait prediksi bencana yang dijabarkan dalam sebuah peta untuk memudahkan memahami dengan tiga warna yakni merah, kuning, dan hijau,” ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Pada kasus Kabupaten Pacitan, akses zona merah menuju zona hijau kemungkinan tercepat melalui sungai yang mengalir. Hanya, jika terjadi tsunami, sungai tersebut berpotensi menambah dampak kerusakan wilayah.

Dwikorita mengungkapkan sehingga diperlukan jalur yang dapat mengintegrasikan penduduk di zona merah agar dapat mengevakuasi diri ke jalur hijau.

Dwikorita meminta agar seluruh jajaran di daerah dapat membangun infrastruktur tahan gempa sebagai jalur evakuasi warga. (Foto & Article dari Rls-multajp@gmail.com)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close