Sunday, January 17, 2021
Home > News > Infrastructure > Penumpang Mencapai 735.186 Orang Hari Ini Wajib Lengkapi e-HAC di Bandara Soetta

Penumpang Mencapai 735.186 Orang Hari Ini Wajib Lengkapi e-HAC di Bandara Soetta


Banten-News | Infrastructure | Tangerang Airport

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah penumpang di bandara pada 18-23 Desember 2020 atau menjelang Hari Raya Natal 2020 mencapai 735.186 penumpang. Jumlah itu naik 26 persen dibandingkan dengan periode sama bulan sebelumnya.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyampaikan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada H-2 menjelang Natal atau pada 23 Desember, yakni sebanyak 144.594 orang dengan 1.604 penerbangan. Dia menambahkan puncak arus mudik menjelang Natal diperkirakan memang terjadi pada 23 – 24 Desember.

“Sejalan dengan itu kami memastikan kesiapan personel, infrastruktur dan penerapan berbagai prosedur termasuk protokol kesehatan,” kata Awaluddin, Jumat, 25 Desember 2020.

Awaluddin juga menambahkan sementara untuk operasional bandara dan penerbangan sejak H-7 menjelang Natal 2020 juga berjalan lancar. Tercatat frekuensi penerbangan naik 37 persen menjadi 8.901 penerbangan dari sebelumnya 6.503 penerbangan.

Dia menyatakan khusus di Bandara Soekarno – Hatta jumlah penumpang pada 18-23 Desember mencapai 435.197 orang dengan 5.042 penerbangan. Jumlah penumpang tertinggi di Bandara Soekarno – Hatta pada 23 Desember, yakni 84.731 orang dengan 907 penerbangan.

Executive General Manager Bandara Soekarno – Hatta Agus Haryadi mengatakan Bandara Soekarno – Hatta merupakan bandara jangkar bagi penerbangan domestik. Menurut dia, jumlah penerbangan di Bandara Soekarno – Hatta sekitar 56 persen dari total penerbangan di seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

“Peningkatan penerbangan di Bandara Soekarno – Hatta berarti juga peningkatan penerbangan di bandara-bandara lainnya. Karena itu PT Angkasa Pura II sangat fokus dalam menjaga operasional bandara demi kelancaran penerbangan pada periode angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2020/2021,” katanya.

Sementara itu, seluruh penumpang pesawat rute domestik diharuskan mengisi Electronic-Health Alert Card (e-HAC) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan sebelum berangkat menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Wasid.

Dia menjelaskan, untuk menghindari antrean di pos pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, seluruh penumpang diminta melengkapi e-HAC terlebih dahulu saat masih berada di bandara asal (origin).

“Untuk e-HAC sangat bernanfaat dan solusi terbaik. Ke depan kami bekerja sama dengan KKP agar e-HAC diterapkan dan diimplemantasikan untuk bisa mempercepat pengecekan sehingga titik-titik antrean bisa kita urai. Hanya sekian detik, penumpang bisa langsung jalan,” kata Wasid saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta.

Wasid menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola bandara origin yang dikelola oleh Angkasa Pura I dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kemenhub terkait e-HAC penumpang yang akan kembali melalui Bandara Soetta.

“Untuk antisipasi kedatangan yang memang nanti akan menumpuk di arrival hall akan kita antisipasi. Kita akan koordinasi ke Bandara origin agar penumpang persiapkan e-HAC jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke bandara kedatangan. Biar bisa langsung tap (kode QR) e-HAC di terminal kedatangan,” jelasnya.

Namun demikian, Angkasa Pura II tetap mengantisipasi terjadinya antrean eks penumpang pesawat di pos pemeriksaan e-HAC oleh petugas KKP baik di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta.

“Kita pastikan, kalau antrean terjadi kita akan pisahkan dengan penumpang yang telah melengkapi e-HAC. Akan kita tambah petugas Aviation Security (Avsec) di pos pemeriksaan,” pungkasnya. (Mlt)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close