Sunday, April 14, 2024
Home > News > Public Service > Pemprov Banten Buka 19 Posko Pengamanan Mudik dan Libur Lebaran 2023

Pemprov Banten Buka 19 Posko Pengamanan Mudik dan Libur Lebaran 2023


Banten-News | Public Service | Serang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membuka posko layanan arus mudik, arus wisata dan srus balik pada momen Lebaran Tahun 2023. Hal tersebut merupakan upaya pengamanan Provinsi Banten dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Saya hari ini sudah berkunjung ke BPBD Provinsi Banten. Dimana kita sudah mendirikan berbagai posko-posko yang berkaitan dengan keamanan arus mudik,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti.

Dijelaskan, dalam menghadapi arus mudik, Pemprov Banten terus melakukan upaya dalam antisipasi penanganan bencana yang kemungkinan dapat saja terjadi selama arus mudik tahun 2023. Penanganan tersebut salah satunya kami fasilitasi melalui penyediaan posko-posko pengamanan mudik.

“Mudik lebaran kali ini kita menyediakan 19 titik posko yang sifatnya membantu dalam mengamankan berjalannya mudik lebaran,” ungkapnya.

Sesuai Data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, terdapat 2 lokasi titik utama pengaturan lalu lintas (Gatur Lalin). Selain itu terdapat Gatur Lalin yang sebelumnya telah diatur teknis pelaksanaannya.

Selain itu, Virgojanti juga menyampaikan Pemprov Banten memiliki banyak destinasi wisata. Sehingga memungkinkan akan banyak dikunjungi wisatawan. Pemrov Banten pun menyediakan posko pariwisata yang terletak di 16 titik lokasi.

“Ini merupakan upaya kita bersama dimana hari libur lebaran pasti banyak sekali masyarakat berkunjung ke daerah wisata. Dan kita persiapkan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Adapun untuk lokasi objek wisata yang menjadi perhatian khusus Pemprov Banten yaitu di daerah Anyer dan Carita meliputi Mercusuar, Pasir Putih, Sambolo, Bandulu, Cibeureum, Karang Bolong, Carita Matahari, Karang Kitri dan Karang Sari.

Sedangkan wilayah Pandeglang meliputi lokasi Perhutani, Pasir Putih Carita, Tanjung Lesung, Pulau Umang, Kolam renang Cikoromoy, Kolam Renang Cikole, Kolam Renang Atlit. Untuk daerah Serang terdapat lokasi wisata Wulandira, Tasikardi, Batukuwung dan Masjid Agung Banten Lama. Untuk daerah Kabupaten Lebak meliputi Binuangeun, Citorek, Bagedur, Wisata Baduy, Cibobos, Karang Taraje, Pulo Manuk dan Pemandian air panas Lebak Tirta. Sedangkan di Kota Cilegon yaitu Florida Indah dan Kelapa Tujuh. Serta di Tangerang yaitu Pantai Pulau Cangkir dan beberapa pusat perbelanjaan.

Tidak hanya posko-posko yang disiapkan, Kolaborasi dalam mengantisipasi arus mudik Lebaran Tahun 2023 di Provinsi Banten juga disiapkan melalui personil-personil keamanan yang sudah dipersiapkan di lapangan.

“Nah selain posko. Kita juga tentu menyiapkan personil keamanan yang tentunya ditujukan utk mendukung pelaksanaan mudik dan antisipasi keamanan mudik kali ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemprov Banten juga melakukan kolaborasi bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam mempersiapkan keamanan mudik lebaran yang ditandai dengan pemantauan yang tidak hanya dilakukan di jalur darat dan laut, tapi melalui jalur udara yang mampu melengkapi informasi secara cepat kepada para pemudik.

“Melalui helikopter ini kita bisa gunakan untuk memantau kemacetan di jalur darat juga, sehingga upaya untuk mengurai kemacetan dapat lebih cepat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Virgojanti berharap segala strategi yang dilakukan ini merupakan langkah bersama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Demikian saya juga berterimakasih dan berharap dengan segala upaya yang terus kita lakukan mampu melayani masyarakat yang melaksankan mudik di tahun ini,” pungkasnya. (Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *