Tuesday, May 11, 2021
Home > News > Public Service > Pemkot Tangerang Kelola Sampah Gunakan Maggot, Dilirik Pemkot Cilegon

Pemkot Tangerang Kelola Sampah Gunakan Maggot, Dilirik Pemkot Cilegon


Banten-News | Public Service | Tangerang Kota

Pemkot Cilegon, Banten melirik penggelolaan sampah yang dilakukan Pemkot Tangerang dengan menggunakan Maggot. Alih pengetahuan serta pengalaman, Pejabat Pemkot Cilegon melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Tangerang, Senin, (29/3/2021).

Kunker Pemkot Cilegon kali ini  dipimpin Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Sekretaris Daerah Maman Mauludin, diterima Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman, didampingi Plt  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Ahmad Budi Wahyudi berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah.

Sekda Kota Tangerang memaparkan, jumlah penduduk Kota Tangerang saat ini 1.834.962 jiwa, dan menghasilkan 1.846 ton sampah rata – rata perhari. Pemkot Tangerang memiliki Bank sampah, TPS3R dan TPS. Sampah akan dipilah terlebih dahulu mana yang bisa diolah dan didaur ulang sisanya dikirim ke TPA.

Selain itu, sejak 2020 lalu Pemkot Tangerang juga telah melakukan Biokonfersi sampah melalui Maggot atau atau larva lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF) yang bisa mengurangi sampah organik. Maggot dimanfaatkan, karena mampu membantu pengurai atau mendaur ulang sampah organik.

Mendengar pemaparan Sekda Kota Tangerang, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta menyampaikan tertarik dengan teknik pengolahan sampah menggunakan maggot.

“Kami akan melakukan komunikasi lebih intens dengan Pemkot Tangerang terkait budidaya maggot untuk pengolahan sampah,” ucap Sanuji. (sam)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close