Wednesday, May 25, 2022
Home > News > Education > Pemkab Tangerang Apresiasi Perpustakaan Karang Tumaritis di Kelapa Dua

Pemkab Tangerang Apresiasi Perpustakaan Karang Tumaritis di Kelapa Dua


Banten-News | Education | Tangerang Kabupaten

Penyerahan dokumen Perpustakaan Karang Tumaritis dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang Hadisa Mansyur kepada Ananta Wahana, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (1/10/2021).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip menyampaikan apresiasi kepada Perpustakaan Karang Tumaritis lantaran perannya dalam meningkatkan literasi masyarakat.

Perpustakaan Karang Tumaritis itu berlokasi berada di tengah-tengah pemukiman warga. Oleh karenanya, Pemkab Tangerang menilai, bahwa peran Perpustakaan tersebut dalam meningkatkan budaya baca pada masyarakat sangat efektif, lantaran dekat dengan jangkauan warga sekitar.

“Saya melihat peran dari perpustakaan ini sangat strategis. Untuk mendorong dan mengembangkan budaya baca masyarakat,” kata Hadisa saat meninjau Perpustakaan Karang Tumaritis.

Karena itu, menurut Hadisa, pihaknya akan memberikan dukungan dan penguatan terkait manajemen perpustakaan dengan mengirimkan pustakawan.

“Tentu kita sangat mendukung. Apalagi perpustakaan ini berada dalam Komplek Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis. Di sini saya lihat ada juga pengembangan budaya, pendidikan, dan sekolah internasional. Ini luar biasa,” ujarnya.

Hadisa Mansyur mengaku baru pertama kali mengunjungi perpustakaan yang berada di wilayah Kecamatan Kelapa Dua itu.

Dan ternyata, pandepokan tersebut cukup besar juga sangat konsen dalam pengembangan budaya, pendidikan, dan literasi masyarakat melalui perpustakaan.

“Gak nyangka. Ada Padepokan yang selengkap ini dan cakupan garapan pengembangannya cukup luas di tengah-tengah warga lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, inisiator Perpustakaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana menyampaikan, bahwa sesungguhnya perpustakaan tersebut sudah berdiri sejak 2015 lalu.

“Tahun itu saya masih jadi Anggota DPRD Banten. Dan yang meresmikan Pak Sekda Banten saat itu,” ungkap Ananta Wahana.

“Perpustakaan Karang Tumaritis ini ada benar-benar untuk warga masyarakat seluas-luasnya. Karena kita harus hadir untuk membantu dan membangun masyarakat,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan yang duduk di Komisi VI DPR RI itu menyebut, keberadaan perpustakaan itu akan semakin disosialisasikan ke masyarakat.

Selain itu, juga akan lebih mengembangkan lagi dengan menambah sarana dan prasarana penunjang perpustakaan.

“Kita tahu, perpustakaan itu harus nyaman, harus menyenangkan. Sehingga kita berharap bisa mendorong literasi pada kelompok kaum muda milenial di masyarakat, agar gandrung ke perpustakaan,” tutupnya. (Rls/Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.