Saturday, October 16, 2021
Home > News > Public Service > Pemkab Tangerang Akomodir Aspirasi Warga Cari Solusi Terbaik Tata Pasar Cisoka

Pemkab Tangerang Akomodir Aspirasi Warga Cari Solusi Terbaik Tata Pasar Cisoka


Banten-News | Public Service | Tangerang Kabupaten

Perumdam Niaga Kerta Raharja (NKR) Kabupaten Tangerang bakal mengubah Pasar Tradisional Cisoka menjadi modern, terintegrasi dan nyaman bagi warga. Guna mewujudkan hal tersebut, Perumdam memutuskan merenovasi bangunan kios di area pasar serta penataan akses masuk dan keluar. Di mana, jalur dari pasar keluar bakal dipagar dan dibuat satu arah agar tidak menimbulkan kemacetan.

Direktur Perumdam NKR Kabupaten Tangerang Syaefunnur Maszah mengatakan, warga yang merasa dirugikan dalam pemagaran akses keluar pasar Cisoka sudah diajak bicara. Ia menuturkan, aspirasi pemilik kios di area pemagaran pasar juga sudah dipenuhi dengan win-win solusi.

“Pemagaran akses keluar pasar adalah bagian dari mewujudkan pasar di kabupaten Tangerang terintegrasi, modern, manusiawi, aman, nyaman, bersih, tertib, dan memberikan nilai tambah ekonomis bagi pelaku pasar dan stake holdernya. Biar tidak menimbulkan titik kemacetan baru pada akses keluar pasar karena itu kita pagari,” paparnya ketika diwawancarai wartawan, Senin (9/8).

Syaefunnur mengungkapkan, pemagaran yang dilakukan perumda di atas tanah milik pemerintah yang sudah menjadi aset perusahaan. Ia menegaskan, tidak ada lahan milik warga yang diserobot untuk pemagaran. Namun, perusahaan tetap mengakomodir aspirasi pedagang kois di pintu keluar pasar.

“Musyawarah dengan perwakilan warga yang terkena dampak pemagaran jalan keluar Pasar Cisoka pada tanggal 31 Juli di Aula Kantor Kecamatan Cisoka kita lakukan. Tuntutan mereka agar pagarnya tidak full beton. Di mana, setinggi 80 centimeter berupa panel dan sisa 20 centimeternya berbentuk teralis besi, tuntutan ini kami penuhi,” paparnya.

Ia mengakui, sebelumnya ada perbedaan keiinginan antara Paguyuban Pedagang Pasar yang membeli kios di dalam pasar berjumlah 500 pedagang dan Pengembang yang mengehendaki pemagaran di akses jalan keluar pasar di atas tanah milik Perumda dengan 6 orang pemilik kios berjumlah 23 kios di akses keluar pasar. Namun, perbedaan pendapat tersebut sudah dicarikan jalan keluar dengan solusi yang saling menguntungkan.

“Pemilik kios yang keberatan. Namun, setelah mendengar masukan pimpinan, tokoh masyarakat, Muspika, maka diambil kompromi dengan pagar dalam bentuk setinggi 80 centimeter panel dan sisa diatasnya jeruji. Tadi pagi, kami mengadakan pemagaran jalan keluar pasar dengan bentuk yang disepakati serta mendukung finalisasi pembangunan Pasar Cisoka dalam tempo sesingkat-singkatnya,” pungkasnya.

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Wahyu Nugraha mengatakan, aspirasi warga yang terdampak pemagaran sudah diakomodir. Di mana, pemagaran juga dilakukan mundur 50 centimeter dari rencana awal sehingga memberikan akses kepada pemilik kios.

“Tidak hanya mundur, pagar itu juga diberikan ruang atau lorong selebar 50 hingga 80 centimeter disepanjang jalan yang akan di pagar. Tujuannya, agar memudahkan warga untuk menuju tiga pintu yang telah disiapkan baik di kiri maupun dikanan akses keluar pasar. Sehingga, pemilik kios yang juga mungkin tidak memiliki izin tetap bisa berjualan di mana ada akses masuk dan tidak dipagari seluruhnya,” jelasnya.

Senada, Camat Cisoka Ahmad Hapid mengungkapkan, sosialisasi pemagaran sudah dilakukan jauh-jauh hari. Ia menuturkan, jika tidak ada pemagaran di pintu akses keluar maka bisa merugikan pemilik kios yang sudah membeli di pasar.

“Kan bisa timbul pedagang liar. Akses jadi sempit, macet, dan kasian yang sudah membeli kios di dalam pasar. Omzetnya bisa turun dan merugi. Sudah diajak bicara, sudah ada win-win solusi dan pemagaran juga dilakukan di tanah milik Perumdam NKR. Kalau mau gugat ke pengadilan silakan, kan tidak ada yang dirugikan, toh ada akses masuk pembeli ke kios yang berada di pintu keluar, juga pemagaran tidak menyerobot lahan warga,” pungkasnya. (PWI/SMSI-Mlt)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *