Tuesday, April 16, 2024
Home > Life > Lifestyle > Pemilihan Cide Kode Benteng 2023 : Wonderful Colors of Cina Benteng

Pemilihan Cide Kode Benteng 2023 : Wonderful Colors of Cina Benteng


Banten-News | Lifestyle | Tangerang Kota

Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan budaya. Tangerang menjadi salah satu kota unik yang mewakili keberagaman itu sendiri, meski terletak diperbatasan kota ini dikenal sebagai kota multikultural karena terdapat banyak sekali suku yang berdomisili di kota ini.

Salah satunya adalah Cina Benteng. Cina Benteng adalah sebuah komunitas peranakan Tionghoa yang memiliki sejarah panjang nan kental dengan warga lokal Tangerang hal ini dikarenakan pada 1407 rombongan awak kapal Kapten Cheng Ci Lung yang pada masa itu sedang melakukan ekspansi bersama Laksamana Cheng Ho terdampar di Desa Pangkalan yang sekarang terkenal sebagai Desa Pangkalan Teluk Naga.

Rombongan tersebut kemudian tinggal dan menetap hingga menikah dengan gadis setempat dan membentuk sebuah keluarga, yang lama kelamaan membentuk sebuah adat kebudayaan baru dan dikenal sebagai adat dan kebudayaan Cina Benteng.

Untuk melestarikan warisan budaya yang ada, Cide Kode Benteng hadir sebagai sebuah wadah bagi semua orang, para generasi muda khusunya untuk mempelajari, mempraktikan dan juga mengingat sejarah yang sudah ada sebagai intangible assets serta mengajak generasi muda untuk tidak lupa pada akar budayanya. Dalam praktiknya, sejak 2018 Cide Kode Benteng rutin melakukan banyak kegiatan mulai dari kegiatan social, budaya hingga nasionalis.

Tiap tahunnya, komunitas ini melakukan Pemilihan Cide Kode Benteng di mana mereka akan memilih ‘Duta Kebudayaan Cina Benteng’ melalui beberapa proses : Audisi – Workshop – Karantina – Malam Bakat – Malam Final untuk menentukan siapakah wajah Cide Kode Benteng terpilih tiap tahunnya.

Caption : Salah satunya adalah Cina Benteng. Cina Benteng adalah sebuah komunitas peranakan Tionghoa yang memiliki sejarah panjang nan kental dengan warga lokal Tangerang hal ini dikarenakan pada 1407 rombongan awak kapal Kapten Cheng Ci Lung yang pada masa itu sedang melakukan ekspansi bersama Laksamana Cheng Ho terdampar di Desa Pangkalan yang sekarang terkenal sebagai Desa Pangkalan Teluk Naga. (Photo : Multa)

Tahun ini, Pemilihan Cide Kode Benteng 2023 yang bertajuk “Wonderful Colors of Cina Benteng’ bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) untuk menyelenggarakan acara ini.
“Cide Kode Benteng bukanlah ajang pageant semata melainkan sebuah gambaran bahwa budaya tak terbatas pada keberagaman agama dan keunikan kebudayaan Cina Benteng menjadi bentuk nyata harmonisme Bhineka Tunggal Ika dalam lingkup kehidupan masyarakat Tangerang dan sekitarnya,” kata Inggrit Laurenza, Ketua Panitia Pemilihan Cide Kode Benteng 2023.

Terbukti dengan beragamnya muda-mudi dari berbagai agama dan kalangan yang terpilih sebagai Finalis Cide Kode Benteng 2023 dan banyaknya volunteer yang berpartisipasi di Malam Final Cide Kode Benteng 2023 pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Menara Top Food Alam Sutera.

“Ada 20 orang finalis terpilih telah menjalani serangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia dan penentuan pemenang Cide Kode Benteng 2023 terpilih ditentukan pada tahap ini. Tiap finalis diajarkan 3 aspek penting yakni berbudaya, nasionalis dan humanis,” jelasnya.

Acara dibuka dengan penampilan Kongahyan salah satu alat music Cina Benteng yang dibawakan oleh Seto Noviantoro dan dilanjutkan dengan opening ceremony dengan melibatkan sponsor utama sebagai perwakilan dari para sponsor serta tokoh-tokoh Tionghoa di Tangerang. Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan Barongsai dari Ngo Heng Bio dan juga tarian dari Cadenza.

Pemberian penghargaan kepada para tokoh Tionghoa yang sudah berperan dalam masyarakat Tangerang dalam bidangnya masing-masing pun turut dilaksanakan sebagai bentuk terima kasih atas jasa dan perjuangan yang telah dilakukan.

Adapun penghargaan dari Cide Kode Benteng itu diberikan kepada Dr. Po Abas Sunarya, M.Si sebagai “Tokoh Tionghoa Peranakan (Cina Benteng) yang Berperan Dalam Pembangunan Kota Tangerang”, Bapak Hendra, S.E., M.M atau lebih dikenal sebagai Achonk Lim sebagai “Praktisi Kebudayaan Cina Benteng yang Berperan Dalam Mendukung Komunitas Anak Muda di Kota Tangerang”, Bapak Oey Tjin Eng sebagai “Sejarawan Cina Benteng Tertua di Tangerang” dan juga Bapak Oen Sin Yang atau kerap disapa Mpe Goyong dengan nominasi “Praktisi Seni Musik Cina Benteng di Kota Tangerang”.

“Tak hanya itu, para finalis pun turut mempersembahkan tarian “Mars Cide Kode Benteng” sesaat setelah kesan dan pesan dari Cide Kode Benteng 2020, Cide Inka dan Kode Nando. Puncak acara terdapat pada pengumuman pemenang, Cide XX dan Kode XX dengan nomor urut peserta XX & XX terpilih sebagai Cide Benteng dan Kode Benteng 2023, untuk Wakil II Cide Kode Benteng 2023 dianugerahkan kepada Cide XX dan Kode XX, dan kategori Wakil III Cide Kode Benteng 2023 diberikan kepada Cide XX dan Kode XX. Tak hanya itu, Cide Kode Benteng Favorite 2023 juga diberikan kepada Cide XX dan Kode XX serta pada kategori Cide Kode Benteng Berbakat 2023 ditempati oleh Cide XX dan Kode XX. Selamat kepada para pemenang! Diharapkan seluruh pemenang dan finalis Cide Kode Benteng 2023 dapat menjadi semangat baru bagi muda-mudi untuk terus belajar dan melestarikan kebudayaan yang ada,” tutup Inggrit. (Bn-Mlt)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *