Tuesday, October 26, 2021
Home > News > Public Service > Pasar Modern BSD City Sebagai Pasar Percontohan

Pasar Modern BSD City Sebagai Pasar Percontohan


Banten-News | Public Servise | Tangerang Selatan

Pasar Modern BSD City merupakan salah satu fasilitas ekonomi di BSD City yang memiliki peran vital bagi masyarakat serta merupakan bagian dari Smart City itu sendiri dimana para pengunjung dapat berbelanja seperti di pasar tradisional dengan nyaman dan aman, Jumat, 20 September2019.

Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangerang Selatan pernah menjadi pembicara dalam program Pasar Rakyat School di Pasar Modern BSD City.

Wali Kota Tangerang Selatan memaparkan “Pasar Sebagai Bagian dari Smart City” kepada para pelaku UMKM. Salah satu komponen Smart City adalah smart economy dimana dalam menjalankannya dibutuhkan smart people dan smart infrastructure & technology.

Dengan demikian, peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Pasar Modern BSD City terkait teknologi diperlukan agar dapat turut menunjang keberhasilan penerapan konsep Smart City dan mengoptimalkan manfaat Pasar Modern BSD City baik bagi pedagang maupun masyarakat secara umum.

Thank to Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, rutin menyelenggarakan program Pasar Rakyat School kepada para pelaku UMKM dengan berbagai macam topik. Program tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan bisnis mereka.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004 di atas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan untuk mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep Pasar Tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta.

Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

Selain Pasar Modern BSD City, terdapat tiga pasar lain yang dibangun Sinar Mas Land, yakni; Pasar Tradisional Modern Intermoda, Pasar Tradisional Modern Kota Wisata dan Pasar Tradisional Modern Grand Wisata.

Pembangunan Pasar Tradisional Modern ini merupakan perwujudan komitmen Sinar Mas Land dalam memberikan kesempatan bagi UMKM dapat tumbuh berkembang di proyek-proyek Sinar Mas Land. Secara keseluruhan pasar-pasar tersebut dapat menampung 3000 UMKM sebagai binaan Sinar Mas Land.

Pasar Modern BSD merupakan salah satu pasar di BSD yang memiliki konsep modern.Siapa bilang pasar identik dengan tempat jual beli tradisional yang becek, bau, dan kotor. Pemerintah kini sangat gencar mendandani pasar tradisional agar nampak baik dan bersih.

Anda akan tercengang karena kondisinya yang jauh lebih bersih dengan atap tinggi sehingga tidak sesak dan nyaman untuk berjalan kaki. Barang yang dijual pun bervariasi, mulai dari barang yang unik, antik, hingga beberapa barang yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Di sini bahkan berdiri berbagai makan kedai makanan dan cafe yang unik dengan makan yang lezat yang bisa Anda cicipi jika singgah di pasar ini.

Tidak heran jika pasar ini kerap disambangi orang menengah ke atas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya deretan mobil mewah yang parkir di halaman parkir pasar ini. Bangunan yang dirancang dengan atap yang tinggi juga merupakan salah satu kunci yang membuat pasar ini menjadi pasar yang nyaman dikunjungi.

Hal ini karena sirkulasi udara di dalam pasar menjadi lebih baik. Angin dapat masuk ke dalam bangunan dan membuat kondisi di dalam pasar tidak pengap dan lebih sejuk. Selain itu, bentuk bangunan ini juga membuat pasar modern BSD menjadi pasar yang lebih enak dipandang secara visual.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *