Tuesday, April 16, 2024
Home > Life > People > Nurhanan Alumni UI Berkeinginan Meningkatkan Ekonomi Masyarakatnya Melalui Olahan Kembang Teleng

Nurhanan Alumni UI Berkeinginan Meningkatkan Ekonomi Masyarakatnya Melalui Olahan Kembang Teleng


Banten-News | People | Tangsel

Berkeinginan untuk membangun kompleks perumahan Batan Indah sebagai Komplek Perumahan percontohan berbasis IPTEK, dan juga berkeingin agar hal tersebut nantinya akan dapat menambah penghasilan warga masyarakat baik kaum emak-emaknya, bapak-bapak yang sudah pensiunan maupun anak-anak mudanya yang dapat mengembangkan potensi jiwa Kewirausahaan nya agar dapat mandiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri.

Beberapa hal tersebut diatas adalah salah satu alasan Nurhanan pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat tahun 1961, dan alumnus Universitas Indonesia (UI) ini memutuskan untuk ikut dalam Pemilihan ketua RW 04 Komplek Batan Indah, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan dilaksanakan pemungutan suaranya pada tanggal 1 Januari 2023 mendatang.

Ditemui media Sabtu (24/12/2022) siang, di kawasan perkebunan sayur-mayur dan buah-buahan kompleks Batan Indah, Nurhanan yang akrab disapa Pak Nur, mantan aktivis kampus dan organisasi kemasyarakatan di berbagai bidang sektor tersebut dengan keramah-tamahannya menerima kehadiran awak media, dengan sangat baik dikawasan Taman blok N komplek Batan Indah, Kelurahan Kademangan, Setu yang sekarang menjadi perkebunan berbagai tanaman sayur-mayur dan juga tanaman buah-buahan serta budidaya ikan Nila tersebut.

Menurut Pak Nur, rencana dirinya untuk ikut maju dalam pemilihan calon ketua RW 04 Periode 2023-2027 di Komplek Perumahan Batan Indah adalah semata-mata untuk mengharapkan ridho Alloh SWT.

“Ini namanya Kembang Teleng, yang saat ini lagi ngetren karena manfaatnya yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dan sesuai namanya Teleng/Menteleng, dapat diartikan bisa melihat dengan sangat fokus. Artinya Allah SWT, melalui perantara Kembang Teleng ini mensifatkan dia (Kembang Teleng-red) bisa menjaga kesehatan mata yang sudah mulai rabun, katarak dan lain sebagainya. Dan saat ini sedang dibudidayakan di Taman blok N Batan Indah,” terangnya.

Menurutnya, Kembang Teleng yang sedang di budidayakan saat ini dapat di panen setiap hari, karena dilakukannya pemupukan organik juga setiap harinya. Dan selain untuk pengobatan, menurut Pak Nur, Kembang Teleng yang sudah dikeringkan juga dapat di minum sebagai minuman segar sehari-hari yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Dan Kembang Teleng juga dapat diolah menjadi minuman Sirup Kembang Teleng yang sangat menyegarkan dan memanjakan tenggorokkan dengan di tambahkan Jeruk Lemon yang saat ini juga sedang di budidayakan di Taman blok N Batan Indah.

“Alhamdulillah, proses pengepakan Kembang Teleng yang sudah kering dapat dilakukan setiap hari untuk selanjutnya kami tawarkan kepada masyarakat luas berbagai kalangan,” tutur Pak Nur.

Ditambahkan Pak Nur, selain Kembang Teleng, dirinya juga saat ini sedang membudidayakan Jeruk Lemon di Taman blok N komplek Batan Indah.

“Saya berharap budidaya Kembang Teleng dan juga Jeruk Lemon yang saat ini sedang saya lakukan di Taman blok N Batan Indah kedepannya akan menjadi home industri bagi seluruh warga RW 04 Komplek Batan Indah, sehingga jika dua produk olahan Kembang Teleng (sebagai obat dan minuman sirup) ini dapat dikembangkan secara baik dan profesional, maka akan dapat menjadi produk olahan home industri yang dapat mengangkat perekonomian warga masyarakat dilingkungan RW 04 Komplek Batan Indah,” tandasnya.

Berikut daftar biografi dan Pengalaman organisasi, Nurhanan alumnus Universitas Indonesia (UI) yang akan mengikuti pemilihan untuk menjadi calon ketua RW 04 Komplek Batan Indah, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan :

1. Anggota MoU dalam pembangunan ” Instalasi Pengolahan Air Limbah Tahu” di Desa Kalisari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Tahun 2010 – 2014 dan manfaat nya masih dirasakan sampai sekarang oleh masyarakat setempat.

2. Anggota Pokja Pembuatan Rancangan UU Keselamatan Jalan Raya, yang Leading Sectornya BAPPENAS tahun 2011/2012.

3. Anggota Pokja “Rancangan UU Keamanan dan Keselamatan Laut” dengan Leading Sektornya KKP Kemen Kelautan dan Perikanan.

4. Sebagai Kepala Bidang Transfer IPTEK Pemerintah, Asisten Deputi IPTEK Pemerintah, Deputi Pendayagunaan IPTEK, Kementrian Ristek Republik Indonesia. (BTL/Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *