Saturday, April 17, 2021
Home > News > Journalism > Menkominfo Minta SMSI Mampu Ciptakan Ruang Digital Aman

Menkominfo Minta SMSI Mampu Ciptakan Ruang Digital Aman


Banten-News | Citizen Journalism | Serang

Menkominfo Jhonny G Plate menjadi keynote speaker secara darling atau virtual dalam Rakernas SMSI Pertama di Hotel Marbela, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (26/9/2020).

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pertama di Aula Hotel Marbela, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Sabtu (26/9/2020).

Dalam Raker tersebut, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Jhonny G Plate menjadi keynote speaker secara darling atau virtual. Dalam kesempatan itu, Jhonny menjelaskan, kondisi saat ini di Indonesia terjadi kekacauan informasi lantaran dengan cepat, mudah dan gratisnya informasi.

Dengan kondisi itu, kata dia, sangat mengagu kesehatan dan keamanan ruang digital. Sebab, banykanya konten negatif seperti berita bohong atau hoax, konten radikal dan konten pornografi.

“Perlu diketahui, Kemeninfo pada Agustus 2020 sudah menangani sebanyak 761 ribu konten nehatif diruang digital. Kami juga menemukan ada 6.640 isu hoax dibidang kesehatan, politik serta pemerintah,” jelas Jhonny G Plate.

Tiga jenis kekacauan informasi itu, lanjut Jhonny, yakni disinformasi, misinformasi serta mainformasi. Oleh karena itu, Jhonny media siber menjadi media yang sangat penting dalam menyebarkan konten positif dan optimis.

“Jadi media siber harus menjadi garda terdepan dalam distribusi dan diseminasi inforamsi di ruang digital,” harapnya.

Jhonny berharap, melalui Rakernas SMSI pertama ini bisa memperkuat komitmen dalam membentuk media yang terpercaya, kredibel dan tentunya bisa bertangungjawan.

“Semoga, dalam Raker SMSI pertama ini bisa menghasilkan pemikiran sehat dan jernig. Dalam rangka meningkatkan professional media siber,” pungkasnya.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close