Sunday, July 3, 2022
Home > News > Education > Mahasiswa UMB : Edukasi Pentingnya Komunikasi Interpersonal Dalam Industri Hospitaliti

Mahasiswa UMB : Edukasi Pentingnya Komunikasi Interpersonal Dalam Industri Hospitaliti


Banten-News | Education | Jakarta

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi Universitas Mercu buana, Fakultas Ilmu komunikasi, yang mengambil judul “Edukasi Pentingnya Komunikasi Interpersonal Untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Industri Hospitaliti.”

Adapun kegiatan ini diadakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sahid Jakarta, Jalan H. Baping No.42, RW.4, Susukan, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13750, Jum’at (20/5/2022).

Kegiatan diadakan secara virtual dan dipandu oleh Nafisa Zahra Hakim yang merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. Acara ini juga didukung oleh Welcome Sweetness dan Malmealmol.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Syerli Haryati, S.S., M.Ikom selaku dosen Mata Kuliah Kuliah Peduli Negeri, Agus Yunianto, S.Pd selaku wakil kepala SMK Sahid. Dan turut dihadiri oleh Alviani Kharisma Dewi, S.Pd selaku Kepala Program Studi Tata Boga SMK Sahid dan Kristian Leonardo selaku Pembicara.

Kristian Leonardo selaku Pembicara (Speaker), menyampaikan bahwa “Elemen komunikasi interpersonal terdiri dari kata- kata yang diucapkan, nada, intonasi dan bahasa tubuh. Terdapat 6 komponen dari komunikasi interpersonal yaitu komunikasi, pesan, gangguan, masukan, konteks, saluran. Tantangan komunikasi yang dihadapi juga antara lain budaya, latar belakang sosial contohnya jenis kelamin, ras dan suku.

Dalam kegiatan ini SMK Sahid Jakarta berencana untuk mempersiapkan para siswa/i nya menuju “gerbang baru” dalam dunia industri. Khususnya dalam hal ini kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang mana merupakan suatu bentuk penyelenggaraan yang memadukan program antara pendidikan dan dunia kerja.

Pentingnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) ialah program kegiatan dalam melatih siswa/i SMK Sahid Jakarta untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profesional.

Manfaat kegiatan yaitu bermanfaat bagi siswa/i untuk memperoleh pengalaman di dunia kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa/i SMK Sahid Jakarta. Serta siswa/i dapat melatih dan menunjang skill (soft skill maupun hard skill) yang telah dipelajari di sekolah untuk diterapkan di tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) tersebut, dapat menghayati dan mengenal lingkungan kerja sehingga siswa/i siap kerja di dunia usaha maupun dunia industri setelah lulus. (An/Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.