Tuesday, November 30, 2021
Home > News > Crime & Law > Lemkapi Apresiasi Kapolda Banten Atas Penyelenggaraan Pilkades Aman Pada Oktober 2021

Lemkapi Apresiasi Kapolda Banten Atas Penyelenggaraan Pilkades Aman Pada Oktober 2021


Banten-News | Crime & Law | Serang

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi), Dr. Edi Hasibuan mengapresiasi Polda Banten atas pengamanan rangkaian Pilkades di 4 kabupaten pada Oktober 2021 lalu. Diketahui bahwa pelaksanaan Pilkades baik di Kabupaten Tangerang, Pandeglang, Lebak dan Kabupaten Serang telah berjalan dengan aman, sehat dan kondusif.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolda Banten karena berhasil melaksanakan pengamanan Pilkades sehingga berlangsung sehat dan kondusif,” kata Edi.

Pelaksanaan Pilkades di wilayah hukum Polda Banten menjadi pioneer pelaksanaan Pilkades di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga tentu saja pola pengamanan yang dilaksanakan Polda Banten dalam Pilkades dapat menjadi barometer dan role model bagi pengamanan-pengamanan Pilkades lainnya.

“Dengan keberhasilan pengamanan Pilkades di wilayah Polda Banten, tentu saja Polda lain dapat mengadaptasi pola pengamanan tersebut untuk diimplementasikan di wilayah yang melaksanakan Pilkades,” saran Edi.

Beberapa pola yang menurut Edi menjadi keunggulan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades di wilayah Banten adalah strategi pengamanan yang over estimate, pencegahan cluster Covid-19 dengan prioritas vaksinasi di daerah pemilihan, netralitas peronel yang menjadi komitmen, penggunaan personel dari Brimob baik Polda maupun Mabes Polri serta penugasan para pejabat utama Polda Banten untuk turun ke lapangan sebagai supervisor dan problem solver.

“Kami mencatat hal itu sebagai strategi jitu Kapolda Banten dalam mengawal pelaksanaan Pilkades sehingga dapat berlangsung aman,” jelas Edi.

Dalam pengamatan Lemkapi, tidak ada permasalahan dalam Pilkades yang signifikan berpengaruh terhadap kondisi kamtibmas. Bila ada permasalahan kecil, Polda Banten reaktif untuk segera mensolusikan, bahkan dengan tegas membubarkan massa bila terjadi kerumunan pada saat pleno baik di TPS maupun di tingkat desa dan tingkat kecamatan.

“Tindakan tegas dan solutif ini tepat dilakukan oleh Polda Banten, sehingga tidak berkembang menjadi gangguan nyata,” tegas Edi.

Seperti diketahui bahwa pada Oktober 2021, Polda Banten melakukan rangkaian pengamanan Pilkades di 64 desa di Kabupaten Tangerang pada 10 Oktober 2021, 206 desa di Kabupaten Pandeglang pada 17 Oktober 2021, 265 desa di Kabupaten Lebak pada 24 Oktober 2021 dan terakhir 144 desa di Kabupaten Serang pada 31 Oktober 2021. Beberapa kepala desa hasil pemilihan bahkan telah dilantik, seperti pada 14 Oktober 2021 di Kabupaten Tangerang dan 3 November 2021 di Kabupaten Lebak. (Bidhumas/Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *