Monday, March 1, 2021
Home > News > Education > LAZ Al Aqsha Dan Aqsha Scholarship De Latinos BSD Resmikan Oleh Wakil Walikota Tangsel

LAZ Al Aqsha Dan Aqsha Scholarship De Latinos BSD Resmikan Oleh Wakil Walikota Tangsel


Banten-News | Education | Tangerang Selatan

Wakil Walikota Tangsel H. Benyamin Davnie menghadiri kegiatan Launching Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Aqsha di yang berlokasi di Masjid Al Aqsha cluster De Latinos BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Sabtu (21/01/2021) pagi.

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Tangsel, maka kegiatan Launcing LAZ Al Aqsha tersebut dilakukan secara Webinar online.

Hadir secara online dalam kesempatan tersebut berbagai tokoh pejabat dan juga tokoh dan aktivis masjid, diantaranya :

Ketua DKM Al Aqsha De Latinos BSD Ustadz H. Alfi Abu Humaira mengatakan bahwa proses diberikannya sertifikat LAZ Al Aqsha De Latinos BSD oleh Kantor Kemenag Provinsi Banten tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang.

Dan dengan telah mendapatkan sertifikat sebagai lembaga resmi pengumpul zakat setingkat masjid di Kota Tangsel tersebut menurut Ustadz Alfi, hal tersebut merupakan langkah awal dari rangkaian panjang yang akan dilakukan oleh LAZ Al Aqsha dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat kepada para Mustahik di Kota Tangsel.

“Melalui forum yang mulia ini ijinkanlah saya ingin mengucapkan terima kasih kepada almukarom Al Ustadz Abdul Rojak Ketua kantor Kemenag Kota Tangsel yang sudah sejak lama banyak membantu masjid Al Aqsha De Latinos hingga menjadi maju dan berkembang pesat seperti sekarang,” terangnya.

Sementara itu, Direktur LAZ Al Aqsha De Latinos BSD Ustadz H. Sova Budiman, menyatakan bahwa LAZ Al Aqsha De Latinos BSD merupakan lembaga resmi Amil zakat yang sah secara hukum negara ditingkat masjid se Kota Tangsel yang bertugas untuk mengelola dana zakat, infaq dan juga sedekah serta wakaf yang bernaung di bawah
Yayasan Al Aqsha De Latinos BSD.

“Unit penerimaan zakat di masjid Al Aqsha telah berdiri sejak pendirian masjid dan dikelola secara mandiri. Masjid Al Aqsha De Latinos BSD ini diresmikan pembangunanya pada tanggal 18 oktober 2009 atau 29
Syawal 1430 Hijriyah. Dan LAZ Al Aqsha hingga saat ini telah memberikan pelayanan bagi lebih dari 700 Muzakki dalam menunaikan zakat, Infak, sedekah dan wakafnya yang kemudian disalurkan secara profesional dan amanah kepada lebih dari 1000 orang Mustahiq dari 3 kecamatan di daerah Serpong melalui berbagai macam program penyaluran,” katanya.

Ditambahkan oleh Ustadz Sova Budiman, masjid Al Aqsha De Latinos BSD memiliki tag-line “Melayani umat dengan hati” , pada bulan Oktober 2019 hingga Desember 2020 telah berhasil menghimpun dana Zakat, Infaq dan Sedekah serta wakaf dari para jamaahnya dan juga warga masyarakat lainnya di Kota Tangsel lebih dari Rp. 5, 035, 907, 716; (Lima Milyar Tiga Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Tujuh Tujuh Ratus Enam Belas Rupiah).

Ketua Baznas Kota Tangsel Drs. KH. Endang Saefuddin, MA yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Wakil Ketua I bidang Pendistribusian zakat Ustadz H. Salbini, Lc menyampaikan apresiasi yang besar atas diresmikannya Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Aqsha De Latinos BSD.

Menurut Ustadz Salbini, dengan diresmikannya LAZ Al Aqsha tersebut berarti akan sangat membantu tugas dari Baznas Kota Tangsel dalam rangka pengumpulan dan pendistribusian zakat kepada para Mustahiq. Karena menurut Wakil Ketua I Baznas Kota Tangsel tersebut, Kota Tangsel sebenarnya memiliki potensi pengumpulan zakat yang sangat besar sekali, akan tetapi karena masih kurangnya pemahaman dan juga kesadaran dari warga masyarakat tentang kewajiban zakat, maka potensi yang sangat besar tersebut belum dapat terserap secara baik dan maksimal.

“Selama ini masih banyak umat yang hanya tahu zakat itu hanyalah zakat fitrah saja saat bulan Ramadhan dan dibayarkan paling lambat sebelum pelaksanaan sholat idul fitri. Tanpa diberitahu pun mereka sudah paham harus membayar zakat fitrah. Akan tetapi dalam hukum Islam kewajiban membayar zakat itu bukan hanya zakat fitrah saja, tetapi juga harus membayar zakat mal (zakat harta) bagi mereka yang telah berkecukupan penghasilannya sesuai dengan syarat dan ketentuan membayar zakat mal dalam hukum Islam,” tandas Ustadz Salbini. (MBC/BTL)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close