Tuesday, November 30, 2021
Home > News > Crime & Law > Layanan Imigrasi Tangerang Diresmikan Buat Kaum Disblity

Layanan Imigrasi Tangerang Diresmikan Buat Kaum Disblity


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Kota

Jajaran petugas Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang, pada hari ini Rabu, 12 Maret 2020 meresmikan Layanan Keimigrasian Berorientasi Pada Disabilitas dan Lansia sesuai UU No.8 Tahun 2016.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Iwan Santoso, Direktur Yankomas Dirjen HAM Jakarta, Kabid Perijinan Informasi Keimigrasian, Kabid Hak Asasi Manusia, Kadinsos Kota Tangerang, Ketua Direktur Pelaksana YPAC Jakarta.

Guna menguatkan lajunya putaran roda pelayanan masyarakat dalam melakukan pembuatan kepemilikan dokumen keimigrasian. Khususnya, bagi para kaum disabilitas.

“Kalau kita melihat di tempat lain hanya ada fasilitas tidak ada apa apanya. Tapi kalau di Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang ini di dalamnya sudah terpenuhi fasilitas khusus untuk kaum disable,” ucap Iwan Santoso, Direktur Yankomas Dirjen HAM Jakarta, saat menghadiri peresmian Layanan Keimgrasian Berorientasi Pada Disabilitas dan Lansia, Kamis, 12 Maret 2020 di gedung Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang.

Mulai dari tempat parkir, jalur kursi roda, ruang tunggu, konter khusus disabilitas, duta layanan, dan sampai buku braile untuk pedoman persyaratan paspor bagi tuna netra pun telah tersaji di Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang.

“Ini suatu perubahan yang sangat diharapkan dan sesuai UUD 39 tahun 1999 bahwa pemajuan pemenuhan HAM menjadi tanggung jawab pemerintah. Dan Kantor Imigrasi Tangerang ini merupakan suatu bagian dari pemerintah dan harus mendapatkan apresiasi tersendiri,” ungkapnya.

“Pelayanan untuk disabilitas di Kantor Imigrasi Tangerang ini cukup bagus. Saya apresiasi terhadap kinerja bu Kakanim dan jajarannya, dalam pemenuhan fasilitas dan pelayanan ini yang sangat kita harapkan ini,” kata Iwan.

Hal senada diungkapkan juga oleh Ratna Felucia Sengky Kepala Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang. “Kita fasilitasi bukan hanya di dalam saja, mulai dari tempat parkir pun kita sudah siapkan. Duta layanan kita bagi menjadi dua titik di depan dan di belakang ada dua orang,” imbuhnya.

“Di sini ada total 8 konter pelayanan yang telah disiapkan. Dua diantaranya konter pelayanan khusus disable untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan 1 konter untuk Warga Negara Asing,” paparnya.

Tak hanya itu saja, Sengky menyebut bahwa peningkatan pelayanaan bagi kaum disable pun dilakukan dengan sistem jemput bola dengan membuka pelayanan riceout ke setiap yayasan disabilitas.

“Kami proaktif melayani mereka, jadi kami datang ke setiap yayasan tuna netra. Sehingga mereka tidak susah susah lagi untuk datang ke sini. Kedepannya, kita akan terus tingkatkan layanan untuk kaum disable. Baik dari layanan yang rutin maupun tidak rutin seperti pelayanan pembuatan paspor dan lain sebagainya,” ucapnya. (*)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *