Tuesday, October 20, 2020
Home > News > Crime & Law > Komplotan Ganjal ATM Diringkus Satreskrim Polresta Tangerang

Komplotan Ganjal ATM Diringkus Satreskrim Polresta Tangerang


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Kabupaten

Satuan Reserse Kriminal Polres Kota Tangerang berhasil membekuk dua pelaku pencurian uang dari mesin ATM di wilayah Tangerang. Kedua tersangka  diketahui telah melakukan aksi ganjal kartu ATM ini sebanyak 12 kali.

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan kedua pelaku JY (23) dan YH (27) asal Provinsi Lampung ini nekat melakukan aksi kejahatan lantaran untuk memenuhi kebutuhan keluarga di kampung halamannya.

“Kedua pria asal Lampung ini mengaku telah melakukan aksi ganjal ATM dengan tusuk gigi sebanyak 12 kali di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang dalam kurun waktu satu setengah tahun,” kata Ade kepada wartawan Rabu, 8 April 2020.

Ade menjelaskan, dalam melancarkan aksinya, kedua pelaku menggunakan kartu ATM yang sudah di modifikasi dengan tusuk gigi sebagai atal untuk mengganjal.

“Pelaku pertama bertugas memasukkan kartu hasil modifikais ke mesin ATM. Kemudian pelaku kedua berpura-pura antri di belakang korban dan melirik PIN ATM korban. Saat korban memasukkan kartu ATM ke bibir mesin dan kartu tersebut tersangkut, pelaku kedua mengajak ngomong korban dengan menyuruh korban mendatangi kantor BANK terdekat untuk melaporkan kejadian tersebut,” jelasnya.

Ketika korban meninggalkan ATM untuk mendatangi BANK terdekat, lanjut Ade, kedua pelaku langsung mengeluarkan ATM yang tersangkit tersebut dan menguras isi ATM korban.

“Saat korbannya pergi, disitulah pelaku beraksi menguras ATM korbannya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sekali melakukan aksinya tersebut, pelaku mengaku mampu menggasak uang sebesar Rp 700 ribu hingga Rp 14 juta tergantung dari isi dalam ATM korbannya.

“Satu kali melakukan mereka bisa dapat Rp 700 sampai paling banyak Rp 14 juta. Mereka tidak cukup dengan penghasilan sebagai security pabrik dan supir angkot makanya melakukan ini untuk mengirimkan ke keluarga dikampung,” tuturnya.

Ade mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap modus-modus kejahatan. Pasalnya para pelaku kejahatan akan selalu mencari modus untuk melancarkan aksinya.

“Kalau kita ke ATM sebaikanya tutup menggunakan tangan satunya saat memasukkan PIN. Tentunya masyarakst jiga harus selalu waspada terhadap kejahatan,” pungkasnya. 

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close