Tuesday, April 16, 2024
Home > Life > People > Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia, Tinggalkan Istri dan 4 Anak

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia, Tinggalkan Istri dan 4 Anak


Banten-News | People | Jakarta

Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia hari Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat.

Azyumardi melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz pada Jumat (16/9/2022) sore mengatakan, Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Namun, beberapa saat sebelum mendarat, Azyumardi mendadak sakit. Begitu sampai di bandara, petugas kesehatan langsung membawanya ke Rumah Sakit Serdang di Selangor.

Ketua Dewan Pers Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE, adalah salah satu intelektual Muslim terkemuka di Asia Tenggara. Pria kelahiran 4 Maret 1955 di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatra Barat, Indonesia ini adalah mantan Rektor dan Guru Besar Sejarah di Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta Indonesia sejak 1998 – 2006.

Dikutip dari laman azraazyumardi.com, pada tahun 1982, Profesor Azyumardi Azra lulus dari Fakultas Tarbiyah (Pendidikan Islam) di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (sekarang UIN) di Ciputat Tangerang Selatan Banten. Profesor Azyumardi Azra diangkat sebagai Dosen di sana pada tahun 1985 dan pada tahun berikutnya dipilih untuk Beasiswa Fulbright untuk melanjutkan studi lanjutan di Universitas Columbia, New York City.

Profesor Azyumardi Azra lulus dengan gelar MA dari Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah pada tahun 1988. Memenangkan Columbia President Fellowship, Azyumardi Azra pindah ke Departemen Sejarah, Universitas Columbia di mana dia melakukan studi lebih lanjut; MA (1989), MPhil (1990) dan PhD (1992).

Profesor Azyumardi Azra juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Pusat Studi Islam dan Masyarakat (Sensis) IAIN/UIN Jakarta di Ciputat Tangerang Selatan Banten sebelum diangkat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik.

Profesor Azyumardi Azra telah menjadi rekan tamu Studi Asia Tenggara di Pusat Studi Islam Oxford, Universitas Oxford; Profesor Tamu di Universitas Filipina, Diliman dan Universiti Malaya; Profesor Tamu Internasional Terhormat di Departemen Studi Timur Tengah, Universitas New York; anggota Dewan Pembina, Universitas Islam Internasional Islamabad (2004-9); pemimpin redaksi, Studia Islamika,  Jurnal Kajian Islam Indonesia  (1993-sekarang), dan anggota redaksi  Jurnal Ushuluddin  (University Malaya) dan  Quranic Studies  (SOAS London).

Profesor Azyumardi Azra telah mempresentasikan banyak makalah di konferensi internasional dan telah memberi kuliah di universitas seperti Columbia, Harvard, ANU, Kyoto, Leiden, dan banyak lainnya. Ia telah menerbitkan 18 buku. Terakhir, Profesor Azyumardi Azra menjabat sebagai Ketua Dewan Pers mulai 19 Mei 2022 hingga sekarang.

Pria Profesor Azyumardi Azra tutup usia saat menjalani perawatan di rumah sakit di di Serdang Selangor Malaysia pada Minggu 18 September 2022 tepat di usianya yang ke 67 tahun.

Profesor Azyumardi Azra meninggalkan istri Ipah Farihah dan empat anak yakni Raushanfikri Usada, Firman El-Amny Azra, Muhammad Subhan Azra, dan Emily Sakina Azra. (Red-Bn/Mlt)

 

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *