Tuesday, November 30, 2021
Home > News > Crime & Law > Kapolresta Tangerang Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam

Kapolresta Tangerang Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Kabupaten

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam di Lapangan Maulana Yudhanergara, Puspemkab Tangerang, Rabu (10/11/2021).

Apel diikuti sedikitnya 200 personel terdiri dari personel Polresta Tangerang Polda Banten dan polsek jajaran, personel Kodim 0510 Tigaraksa, personel Satuan Radar 211 Tanjung Kait, personel Satpol PP, personel Dinas Kesehatan, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP), personel Dinas Sosial, personel Palang Merah Indonesia, dan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Juga dihadiri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Danrem 052 Wijayakrama Brigjen Rano Maxim Adolf Tilaar yang menjadi inspektur apel, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar, Den Arhanud 003/ARK Mayor Arhanud Irfan Wibowo, SST Satuan RADAR 211 Tanjung Letkol Erzy Widiantara, dan pejabat utama Polresta Tangerang.

“Tujuan Apel gelar pasukan ini diselenggarakan dalam rangka antisipasi kesiapsiagaan secara dini bencana alam baik disebabkan banjir, cuaca ekstrem, gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain di wilayah Kabupaten Tangerang,” Danrem 052 Wijayakrama Brigjen Rano Maxim Adolf Tilaar yang menjadi inspektur ape.

Menurutnya, apel dilaksanakan untuk meninjau dan mempersiapkan jalur evakuasi korban, pemberian bantuan korban, dan pengawalan bantuan sembako serta obat-obatan bagi korban bencana. Selain itu, juga untuk pengecekan sarana dan prasarana dan peralatan lainnya yang dimiliki untuk dioperasikan dalam penanggulangan bencana dan evakuasi korban.

“Dan pembenahan atas kendala yang dihadapi dalam penanggulangan bencana serta tingkatkan kemampuan teknis dan non teknis anggota khususnya dikaitkan dengan penanganan bencana baik itu peringatan dini saat bencana maupun pasca bencana,” terang Rano.

Senada, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro juga menyebut pentingnya apel gelar pasukan siaga bencana. Sebab bencana kerap datang tanpa bisa diduga.

“Sehingga perangkat siaga bencana memang benar-benar harus siaga. Siap terjun kapan pun dengan respons cepat saat terjadi bencana,” ujar Wahyu.

Wahyu berharap, dengan pelaksanaan apel siaga bencana itu, semua perangkat dalam kondisi siaga, semua sarana dan prasarana pendukung juga dalam keadaan layak dan siap pakai.

“Serta terpenting, meningkatkan kewaspadaan kita bersama untuk selalu alert atas potensi adanya bencana,” tandasnya. (Hms/Red-BN

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *