Tuesday, December 6, 2022
Home > News > Crime & Law > Jelang Pilkades Serentak, Polres Lebak Gelar Apel Siaga

Jelang Pilkades Serentak, Polres Lebak Gelar Apel Siaga


Banten-News | Crime & Law | Lebak

Menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Lebak, Polres Lebak menggelar apel gabungan dengan di Lapangan Apel Polres Lebak, Sabtu (12/11/2022).

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan apel siaga ini juga diikuti oleh personel dari Satbrimob Polda Banten.

“Selamat datang kepada personel Satbrimob Polda Banten yang melaksanakan pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Lebak, agar mempersiapkan segala sesuatunya guna pelaksanaan tugas dalam pengaman pilkades serentak,” kata Wiwin.

Selanjutnya personel Polres Lebak dibuat menjadi tiga pleton menjadi dalmas inti. Pilkades serentak ada 65 desa dari 25 kecamatan dengan jumlah 375 TPS.

Kemudian untuk personel Brimob siaga di Polres Lebak. Untuk penguatan personel Satbrimob Polda Banten ada yang siaga di Polres Lebak.

Selanjutnya untuk Dalmas Polres siaga di Polsek Rangkasbitung, “Untuk personel yang tidak terkena sprint agar tetap siaga di Polres Lebak.

Siaran Pers tentang Pengamanan Pilkades Lebak

– Pada Minggu (13/11) akan dilaksanakan Pilkades serentak di 66 Desa di Lebak, meliputi 25 kecamatan dari 28 kecamatan yg ada di Kab. Lebak sehingga dengan demikian hampir seluruh kecamatan di Lebak akan menggelar Pilkades serentak tersebut.

– Polres Lebak telah melakukan mapping kerawanan kamtibmas seperti money politic, intimidasi, hoax, pengerahan massa, penguasaan senpi ilegal, pengrusakan hingga kemungkinan terburuk seperti anarkisme, pembakaran dan penganiayaan sehingga berdasarkan mapping tersebut, diidentifikasi 35 desa rawan dan selebihnya desa aman.

– Selain itu, Polres Lebak bersama Pemkab Lebak dan instansi lainnya juga telah melakukan mapping thd potensi bencana alam seperti hujan deras yang akibatkan banjir dan longsor serta kemungkinan gempa bumi dan angin puting beliung untuk diantisipasi dengan mempersiapkan rencana operasi kontijensi.

– Sesuai dengan pola pengamanan, Polres Lebak dengan perbantuan Polda Banten dan BKO dari TNI menugaskan lebih dari 2.000 personel termasuk personel dari Satbrimob Polda Banten dengan kompetensi anti huru hara.

– Concern terhadap pengamanan Pilkades Lebak, Kapolda Banten bahkan memerintahkan 54 Pejabat Utama (PJU) dan Pamen Polda Banten untuk mengasistensi penugasan personel di semua kecamatan dan hari ini para PJU telah insert ke wilayah asistensi masing-masing.

– Guna memastikan kesiapan personel, Polres Lebak telah melakukan apel gelar pasukan pada Jumat (11/11) lalu, dihadiri Forkopimda dan pasca apel, personel pengamanan langsung insert ke desa-desa pemilihan.

– Para personel yang ditugaskan ke desa pemilihan juga diberi kewajiban tambahan untuk bersama dengan panitia dan aparatur desa memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat untuk mengantisipasi peningkatan angka Covid-19 saat Pilkades.

– Kapolda Banten menegaskan agar personel pengamanan Pilkades Lebak wajib menjaga netralitas dan tidak ragu untuk menindak personel bila melakukan pelanggaran netralitas tersebut.

– Kapolda Banten melalui Kapolres Lebak menghimbau warga untuk tetap menjaga kondusifitas kamtibmas sebelum-pada saat dan pasca Pilkades, ikut berpartisipasi aktif dalam merayakan pesta demokrasi tingkat desa secara aman, sehat dan kondusif. (Bidhms/Bn-Mlt)

 

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.