Sunday, February 25, 2024
Home > News > Business > Jago Syariah dan AMAAN Dukung Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Mikro Melalui Ekosistem Digital

Jago Syariah dan AMAAN Dukung Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Mikro Melalui Ekosistem Digital


Banten-News | Business | Bandung

Jago Syariah selaku Unit Usaha Syariah dari PT Bank Jago Tbk berkolaborasi bersama AMAAN dalam dukungannya terhadap peningkatan kesejahteraan para perempuan pengusaha mikro. Dukungan itu dilakukan dengan menggelar serangkaian kegiatan bertajuk ‘Sahabat Usaha idAMAAN’ pada Jumat, 17 Maret 2023 di Bandung, Jawa Barat, serta pada Senin, 20 Maret 2023 di Serang, Banten.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Jago Syariah berkolaborasi dengan AMAAN mengadakan kegiatan edukasi mengenai literasi keuangan, sosialisasi platform digital AMAAN, pelatihan kewirausahaan, serta membuka akses pasar melalui bazaar sembako murah dan produk customer AMAAN. Kegiatan ini ditujukan untuk Komunitas AMAAN, yang terdiri dari para customer, yakni Sahabat dan Ibu idAMAAN, serta para perempuan pengusaha mikro dan masyarakat di sekitar lokasi acara.

AMAAN merupakan Digital Mass Market Ecosystem Platform yang dirancang dengan bertumpu pada empat pilar, yakni keuangan, belanja, belajar dan kesehatan. AMAAN tercatat sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menjalankan bisnis financing agent.

Para pengunjung acara diperkenalkan dengan platform AMAAN melalui sejumlah wahana agar dapat merasakan berbagai manfaat dan fitur yang ditawarkan aplikasi AMAAN, yaitu Fitur Belanja, Fitur Promosi, dan Fitur Belajar.

Sementara itu, kegiatan edukasi literasi keuangan diadakan melalui sesi talk show dengan dua narasumber, yakni Roy Iskandar, selaku Head of Sharia Sales Management PT Bank Jago Tbk, dan Dian Rizkiani, selaku Customer Engagement Head PT AMAAN Indonesia Sejahtera.

Dalam sesi tersebut, diperkenalkan pula metode pengelolaan keuangan AMAAN melalui Kang Motab, singkatan dari ‘Makan’, membayar ‘Angsuran’, mendapatkan ‘Modal’, dan memiliki ‘Tabungan’. Keempat aspek tersebut dikelola melalui sistem kantong-kantong dana yang dapat membantu para perempuan pengusaha mikro mengelola keuangan dan usaha mereka dengan cermat.

Selain itu, para pengunjung mendapatkan pelatihan kewirausahaan oleh para praktisi usaha mikro di Bandung dan Serang agar dapat meningkatkan kapasitas usaha mereka. Untuk memeriahkan acara, AMAAN mengadakan berbagai lomba dan undian berhadiah bagi para pengunjung bazaar.

Jago Syariah berharap seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran dan literasi atas pengelolaan keuangan berbasis syariah di kalangan perempuan pemilik usaha mikro.

“Dengan fitur yang setara dengan perbankan konvensional, Jago Syariah hadir untuk menawarkan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari dengan berdasarkan prinsip syariah (sharia life-centric digital financial solution). Kegiatan yang diadakan melalui kolaborasi dengan AMAAN di Bandung dan Serang merupakan salah satu upaya kami yang berkesinambungan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai manfaat keuangan syariah dan Jago Syariah ke berbagai komunitas. Dengan adanya kegiatan semacam ini, kami berharap para pengusaha mikro dapat lebih berdaya dan mampu mengembangkan diri dan keluarga mereka,” ujar Roy Iskandar, selaku Head of Sharia Sales Management PT Bank Jago Tbk.

Sebagai sebuah platform digital untuk layanan keuangan dan non-keuangan syariah, AMAAN memiliki aspirasi memberdayakan jutaan perempuan pengusaha mikro dan keluarga mereka. “Para perempuan pengusaha mikro seringkali menghadapi berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan terhadap permodalan, akses pengetahuan, hingga akses pasar. Melalui komitmen menjadi ‘Sahabat Pengusaha Mikro’, AMAAN ingin memecahkan sejumlah problem tersebut dengan menawarkan solusi digital holistik beyond financial services melalui empat aspek, yakni keuangan, belanja, belajar, dan kesehatan,” ujar Ratih Rachmawaty, CEO AMAAN.

AMAAN saat ini telah melayani konsumen di enam provinsi (Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Lampung). AMAAN menjadi mitra strategis Jago Syariah, yang menyalurkan pembiayaan produktif kepada para customer AMAAN. Perusahaan memiliki cita-cita yang sejalan dengan aspirasi Bank Jago, yaitu meningkatkan kesempatan tumbuh untuk jutaan insan melalui solusi digital yang berfokus pada kehidupan.

Meneruskan Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan

Sebagai mitra strategis AMAAN, Jago Syariah mengajak komunitas perempuan pengusaha mikro dan masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan “meneruskan kebaikan”. Jago Syariah mendorong nasabah untuk mengelola keuangan dengan baik secara syariah dan menunaikan niat baik.

Hal ini dapat terlaksana melalui fitur Kantong di Jago Syariah. Tiap Kantong memiliki nomor rekening masing-masing yang akan memudahkan nasabah untuk mengelola satu akun bank untuk mengelola berbagai kebutuhan usahanya dan hari-harinya. Kantong sifatnya kolaboratif, bisa digunakan bersama dengan keluarga dan orang terdekat. Nasabah dapat membuat kantong bersama untuk berbagai keperluan, contohnya mudik bareng dan kurban saat Idul Adha. Dengan Akad Wadiah dan Mudharabah, nasabah Jago Syariah dapat menempatkan dana di 60 kantong untuk berbagai kebutuhan. (Rls/Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *