Tuesday, October 26, 2021
Home > News > Sports > Italia Lolos Babak 16 Besar Usai TEKUK Swis 3-0

Italia Lolos Babak 16 Besar Usai TEKUK Swis 3-0


Banten-News | Sports | Roma

Timnas Italia akhirnya memastikan diri menjadi tim negara pertama yang melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Hal tersebut dipastikan setelah tim Gli Azzurri Italia berhasil menundukkan timnas Swiss dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan kedua Grup A yang digelar di stadion OIimpico, Roma, Italia Kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Timnas Italia unggul 1-0 di babak pertama melalui tendangan kaki pemain Italia Manuel Locatelli yang menggandakannya di babak kedua. Satu gol pamungkas Italia dibuat oleh Ciro Immobile. Dengan hasil kemenangan 3-0 atas Swis tersebut memastikan Italia adalah negara pertama yang lolos ke babak fase gugur 16 besar setelah meraih enam poin dari dua laga. Sementara Swiss berada di posisi ketiga grup dengan satu poin dan akan berebut tiket terakhir dari grup A dengan Turki yang menempati papan bawah tanpa poin.

Jalannya pertandingan Italia vs Swiss

Italia tidak banyak melakukan perubahan susunan pemain seperti saat mengalahkan Turki 3-0. Hanya Giovanni Di Lorenzo masuk menggantikan Alessandro Florenzi yang mengalami cedera. Italia sudah tampil dominan sejak menit pertama pluit dibunyikan dan tidak membiarkan Swiss mengembangkan permainan. Dan pada menit ke-10, Italia sudah mengancam gawang Swiss lewat Leonardo Spinazzola yang menusuk dari sisi kanan. Dia melewati lawan sebelum mengirimkan umpan yang ditanduk Ciro Immobile tapi masih melebar. Dalam pertandingan tersebut timnas Italia sangat menguasai ball possesion dan sekaligus tidak memberikan ruang kepada Swiss untuk dapat menyerang.

Italia bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-19 ketika Giorgio Chiellini menyambut bola korner Lorenzo Insigne dengan apik. Usai mengalahkan dua penjaganya, Chiellni menendang bola ke gawang dan merayakannya dengan suka cita.
Sayangnya gol itu dianulir VAR karena Chiellini lebih dulu handball sebelum gol terjadi. Chiellini setelah itu harus ditarik keluar karena mengalami cedera untuk digantikan Francesco Acerbi.

Timnas Italia akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-26. Tomas Locatelli melihat Domenico Berardi bebas di sisi kanan. Dari sebuah serangan balik, bola dikirimkan ke sana dan dibawa Berardi hingga mendekati tepi lapangan. Setelah itu, Berardi melepaskan umpan tarik yang dengan mudahnya disontek Locatelli di mulut gawang. Italia makin beringas menekan Swiss yang tak mampu keluar dari daerahnya sendiri.

Pada menit ke-34, Immobile nyaris bikin gol andaikan tembakannya tak ditepis Yann Sommer. Pada menit ke-37, Swiss mendapat peluang pertamanya lewat Ricardo Rodriguez tapi bisa diadang. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan timnas Italia bertahan.

Memasuki babak kedua, Italia masih memegang kendali permainan dan berhasil menggandakan skor di menit ke-52. Lagi-lagi Locatelli mencatatkan namanya papan skor, kali lini lewat sepakan dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Yann Sommer usai mendapat umpan pendek Nicolo Barella.

Setelah itu Italia terlihat mengendurkan serangan dan membuat Swiss mendapat peluang lewat sepakan keras Shaqiri pada menit ke-61. Tiga menit setelahnya giliran Steven Zuber yang punya kans setelah menusuk dari sisi kiri dan mengecoh dua pemain, akan tetapi tendangannya dapat ditepis Donnarumma.

Dan bola rebound jatuh di kaki Zuber yang coba menembak lagi tapi kembali digagalkan Donnarumma. Federico Chiesa yang masuk menggantikan Insigne di menit ke-70 melewati lini belakang Swiss dengan mudah lewat akselerasinya, tapi bola tembakannya dari sisi kiri masih melebar.

Italia memantapkan kemenangan 3-0 di menit ke-89 setelah Immobile di depan kotak penalti langsung melepaskan tembakan keras yang menyebabkan bola masuk ke pojok kanan dan tak bisa dihalau kiper Sommer. Dan hingga pertandingan berakhir, Italia tetap unggul dengan skor cukup telak 3-0. (Foto & Article dari MBC-BTL)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *