Friday, March 29, 2024
Home > News > Education > HUT Pramuka ke-59 Tingkat Kab. Tangerang Digelar ‘Bertemakan Bela Negara’

HUT Pramuka ke-59 Tingkat Kab. Tangerang Digelar ‘Bertemakan Bela Negara’


HUT Pramuka ke-59 Tingkat Kab. Tangerang Digelar ‘Bertemakan Bela Negara’

Banten-News | Education ¦Tangerang Kabupaten

Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Tangerang, digelar secara sederhana dengan protokol Covid-19.

Pelaksanaan upacara tersebut digelar di Halaman Kantor Kwarcab Kitri Bakti Kec. Curug Kabupaten Tangerang, Jumat (28/8/20).

Diketahui bahwa Gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka Indonesia dibentuk pada 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan tahun ini tema hari Pramuka adalah ”Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara, dimana seluruh aktivitas dan kegiatan pramuka pada tahun 2020 adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Daerah serta Selaku Pimpinan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-59 kepada segenap keluarga Besar Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Tangerang,” Kata Zaki.

Menurutnya, Kita patut untuk bersyukur bahwa ditengah kondisi kebiasaan baru seperti sekarang ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang tetap bisa eksis sebagai garda terdepan dalam upaya mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

“Saya berharap kedepan walaupun ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda kita semua, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang dapat tetap terus berkreasi dan berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitasnya sebagai gugus depan melakukan tugas pokok sebagai sarana pendidikan karakter daerah,” Ungkapnya.

Sementara itu Soma Atmaja selaku Ketua Pelaksana HUT Pramuka Ke-59 mengungkapkan bahwa Wabah Covid-19 ini berdampak kepada beberapa aktivitas Kepramukaan dilingkungan Kwartir Cabang Kab. Tangerang yakni tidak dapat dilaksanakannya Program Kerja Hasil Rapat Kerja Cabang secara Normal sesuai rencana.

“Untuk itu, Kwartir Cabang terus berinovasi dan beradaptasi dalam menjalankan Aktifitas Kegiatan Kepramukaan seperti Aktifitas Kesekretariatan dan Program-praogram yang masih dapat dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan,” Ujar Soma.

Soma melanjutkan, adapun aktifitas atau kegiatan Kwartir Cabang Tahun 2020 antara lain:

1. Pembinaan Gugusdepan Unggul dan Pramuka Garuda

Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang telah melaksanakan Pembinaan Gugusdepan Unggul hasil rekomendasi Kwartir Ranting yang terdiri dari Gugusdepan Siaga yang berpangkalan di SD Sederajat, Gugusdepan Penggalang yang berpangkalan di SMP Sederajat, dan Gugusdepan Penegak yang berpangkalan di SMA sederajat yang sudah dilaksanakan mulai dari Tahap ke-1 pada Tahun 2017/2018, Tahap ke-2 pada Tahun 2018/2019 dan tahap ke-3 pada tahun 2019/2020.

Proses Pembinaan Gugusdepan Unggul tahun ini adalah Tahap ke-3 yang merupakan Tahun terakhir pada masa bakti 2016 – 2021 yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 sebelum pandemi covid-19 mewabah. Adapun Pembinaan yang dimaksud antara lain yaitu Orientasi Gugus depan Unggul Bagi Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus, sosialisasi Gugusdepan dan Kursus Mahir Bagi Pembina serta Verifikasi Pramuka Garuda bagi peserta didik.

Pramuka Garuda merupakan Tingkatan tertinggi peserta didik pada setiap Golongan mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang ditempuh melalui pencapaian Syarat Kecakapan Umum, Syarat Kecakapan Khusus dan Syarat Pramuka Garuda.

Total keseluruhan Pencapaian Pramuka Garuda tahap ke-1 sampai ke-3 berjumlah 2.353 orang.

Adapun pada tahun ini, Pencapaian Pramuka Garuda sebanyak 1.030 orang yang diikuti oleh 27 Gudep Siaga, 37 Gudep Penggalang, 37 Gudep Penegak dan 1 Gudep Pandega dari 23 Kwartir Ranting.
Harapan Kami, semoga program ini dapat menjadi motivasi peserta didik dalam meningkatkan kecakapan hidup sebagai modal mengarungi kehidupan bermasyarakat serta menjadi kebanggaan bagi Nusa, Bangsa dan Agama dimasa yang akan datang.

2. Gelang Ajar Pembina Virtual
Dalam meningkatkan kecakapan Pembina ditengah pandemi covid-19. Kwartir Cabang telah melaksanakan Kegiatan Gelang Ajar Virtual yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 Juli 2020 bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tangerang.

3. Bakti Sosial Tema hari Pramuka Tahun ini adalah Peran Gerakan Pramuka Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara. Sesuai tema tersebut, Upaya yang dilakukan oleh Kwartir Cabang dalam ikut membantu penanggulangan Pandemi Covid-19 ini sungguh beragam mulai dari tingkat Gugusdepan sampai dengan tingkat Kwartir.

Ditempat yang sama Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menambahkan salah satu bentuk Peran Pramuka adalah dengan ikut sertanya sejumlah anggota Pramuka menjadi Relawan Covid-19 di Rumah Singgah Karantina Anabatic Tangerang.

Adapun Peran lain adalah Pembagian Masker kepada Masyarakat oleh SBH Kab. Tangerang, Membantu Cek Point diberbagai kecamatan oleh satuan karya Pramuka Bhayangkara, Pembagian Sembako di Pandeglang yang dilaksanakan hasil Kerjasama Ikatan Alumni Kesehatan UI dengan SBH Cabang Kab. Tangerang, Melakukan Penyemprotan Desinfektan di Ruang-ruang publik bekerjasama dengan BPBD dan PMI Kab. Tangerang.

Sedangkan Partisipasi tingkat Nasional dan Daerah yaitu : Gelang Ajar Pembina Virtual, Pitaran Pelatih Virtual, Hari Pramuka Tingkat Nasional dan Daerah secara Virtual.

Untuk Tanda Penghargaan Kwartir Cabang telah mengusulkan Penghargaan bagi para Pramuka Dewasa yaitu Penghargaan Lencana Pancawarsa yang ditujukan kepada Kwartir Daerah Banten dengan jumlah sebanyak 59 Orang.

Begitu juga Sekretariat Kwartir Ranting
Pada kesempatan ini pula, disampaikan bahwa pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Cipta Karya telah membangun Sekretariat Kwartir Ranting sebanyak 2 buah yaitu Kwartir Ranting Cisoka dan Pakuhaji. Ini merupakan bukti dukungan Bupati Tangerang selaku Ketua Mabicab dalam meningkatkan pembinaan kepada generasi Muda.
“Dengan harapan, kedepannya seluruh Kwartir Ranting Se-Kabupaten Tangerang bisa memiliki Sekretariat demi mewujudkan Tangerang semakin gemilang,” kata Rudy Maeysal panggilan akrabnya. (Rls)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *