Friday, March 29, 2024
Home > News > Banten Today > Humas Modern Harus Mampu Membuat Karya Jurnalistik

Humas Modern Harus Mampu Membuat Karya Jurnalistik


Kabar Banten

Selain dituntut mampu membina hubungan dengan media massa, praktisi humas modern harus menguasai keterampilan jurnalistik atau mampu menulis karya jurnalistik.

Demikian dikatakan Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit HU Kabar Banten) Rachmat Ginandjar saat menjadi narasumber pada “Pelatihan Fungsi Kehumasan TA 2019 Polda Banten “ di Ballroom Bappeda Provinsi Banten, Kamis (12/9/2019). Kegiatan ini dibuka langsung Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir.

Dalam kegiatan yang diikuti lebh dari 100 staf humas di jajaran Polda Banten dan polres-polres se Polda Banten ini, selain Rachmat Ginandjar, narasumber lainnya adalah Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Komari, dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten Hilman.

Dalam pelatihan tersebut, Rachmat Ginandjar menyampaikan materi tentang “Praktisi Humas Modern”, Komari menyajikan materi “Strategi Diskominfo Banten dalam Menyinergikan Fungsi Kehumasan Pemerintah”, dan Hilman menyampaikan materi “Strategi KIP dalam Mengembangkan Sistem Informasi dan Dokumentasi Badan Publik Guna Menjamin Keterbukaan Informasi”.

Rachmat menilai, peran dan fungsi humas tidak akan optimal jika praktisi humasnya tidak mampu menulis karya jurnalistik. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa kemampuan menulis karya jurnalistik itu merupakan syarat utama untuk seorang praktisi humas saat ini.

Menurut Rachmat, dengan tuntutan seperti itu, tugas pokok humas saat ini tidak jauh berbeda dengan tugas wartawan. Praktisi humas harus mampu menulis rilis atau berita, mengambil foto jurnalistik, membuat video kegiatan.

Tugas humas makin berat

Bahkan, lanjut Rachmat, pada era internet saat ini, praktisi humas dituntut mampu mengelola media sosial, laman atau website lembaga, blog perusahaan, dan produk-produk media baru lainnya. “Jadi, dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini, tugas humas semakin berat,” katanya.

Rachmat berpendapat, peran dan fungsi Satuan Kerja Humas di Polri saat ini tidak kalah pentingnya dengan satuan kerja lainnya di Polri seperti Reserse, Intel, atau pun Lalu Lintas. “Bahkan, peran humas ini sangat menentukan baik tidaknya citra Polri di hadapan publik,’ katanya.

Oleh karena itu,lanjut Rachmat, orang-orang yang ditugaskan di Satuan Kerja Humas ini harus orang-orang terpilih dan punya kapasitas. Menurut Rachmat, slogan atau visi Promoter (profesional, modern, dan terpercaya) yang diusung Polri tidak akan optimal jika praktisi humasnya tidak punya kemampuan membuat karya jurnalistik.

“Jadi, sekali pun kerja reserse atau intel baik, jika satuan kerja humasnya tidak terampil atau tidak mempunyai kemampuna komuniaksi yang baik dengan publik, citra Polri akan biasa-biasa saja,” tegasnya.

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar saat menyampaikan materi “Praktisi Humas Modern” pada acara Pelatihan Fungsi Kehumasan TA 2019 Polda Baten

Pada bagian lain, Rachmat mengingatkan para praktisi humas harus sering membuat keterangan pers atau rilis agat kemampuan menulis karya jurnalistik terasah dan semakin baik. Penulisan rilis ini, pada dasarnya sama dengan penulisan berita.

Rilis yang baik antara lain menyampaikan pesan secara terperinci, lugas, jelas dan mudah dimengerti serta menarik perhatian pembacanya. Agar menarik perhatian, rilis harus memperhatikan nilai berita.

“Kalau rilisnya memenuhi kaidah nilai berita maka akan mudah dan cepat dipublikasikan karena layak muat, layak siar, atau layak posting,” katanya.

Ada empat nilai berita yang harus diperhatikan dalam membuat rilis, yakni aktual (peristiwa baru), faktual (benar-benar terjadi, ada fakta dan data), penting (menyangkut kepentingan umum) dan menarik (menarik perhatian) .

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan Fungsi Kehumasan TA 2019 Polda Banten
Humas tangkal hoaks

Sebelumnya, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menjelaskan Humas Polri memiliki peran yang penting dalam mempublikasikan berbagai kegiatan kepolisian. Bahkan, peran ini semakin penting di tengah arus informasi yang pesat dengan dukungan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. (Kabar Banten)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *