Saturday, December 10, 2022
Home > News > Sci-Tech > Forum Komunikasi Manajemen Mutu Tangerang (FKMMT) Akan Gelar Konvensi Mutu ke-XXVI di Puncak Bogor

Forum Komunikasi Manajemen Mutu Tangerang (FKMMT) Akan Gelar Konvensi Mutu ke-XXVI di Puncak Bogor


Banten-News | Sci & Tech | Tangerang

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Mutu Nasional (BMN) diwilayah Tangerang Raya (Kabupaten/Kota Tangerang dan Kota Tangsel), Forum Komunikasi Manajemen Mutu Tangerang (FKMMT) dijadwalkan akan menyelenggarakan kegiatan “Konvensi Mutu ke- XXVI” tahun 2022 yang akan diikuti oleh berbagai perwakilan perusahaan yang berada di Tangerang Raya dan juga Bekasi. Kegiatan Konvensi Mutu tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 12-13 Nopember 2022 dan bertempat di New Ayuda Hotel & Convention, jalan raya Puncak Km.17, Cipayung-Bogor, Jawa Barat. Dan dijadwalkan akan dibuka oleh Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah.

Kepada media online banten-news.com saat menggelar keterangan Pers nya secara eksklusif pada Jum’at (11/11/2022) pagi, diruang kerjanya Kampus Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Kota Tangerang, Dr. H. Masruri HM.MM, Ketua Forum Komunikasi Manajemen Mutu Tangerang tersebut menjelaskan bahwa, tema Konvensi Mutu ke – XXVI ini adalah “Melalui Konvensi Mutu ke – XXVI tahun 2022, Pulihkan Kualitas Produk dan kualitas Sumber Daya lebih Cepat dan Bangkitkan Semangat lebih kuat”.

Kegiatan Konvensi Mutu ke- XXVI FKMMT Tangerang Raya tersebut diselenggarakan guna menitikberatkan perhatian pada proses kerja dan selalu mengacu kepada perbaikan melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan mutu dalam arti yang seluas-luasnya yaitu meliputi Quality, Cost, Delivery, Safety dan Moral (QCDSM).

“Salah satu cara meraih hal tersebut yaitu melalui kegiatan Gugus Kendali Mutu (GKM) dan atau Sistem Saran/Suggestion System (SS), Inovasi, Idea Proposal (IP) maka harus dilaksanakan. Oleh karena itu bagi dunia Industri baik yang sudah mengenal atau belum kami mengundang untuk berbagi pengalaman/sharing di acara “Konvensi Mutu ke- XXVI-Tahun 2022 ini,” terangnya.

Lanjut Dr. Masruri, team penilai konvensi akan mengadakan plant visit ke masing-masing perusahaan peserta konvensi untuk melakukan verivikasi GKM/SS  yang dimulai pada tanggal, 17- 28 Oktober 2022 yang lalu. Dan pada puncak acara Konvensi Mutu,  peserta konvensi pada saat presentasi diberikan kebebasan penampilannya, akan tetapi tetap sopan dengan berbagai kreatifitas (boleh dalam bentuk drama).

“Kegiatan Konvensi Mutu KE – XXVI tahun 2022 ini didukung oleh DPK APINDO Tangerang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tangerang dan juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang, dan Konvensi Mutu ke – XXVI ini juga akan memperebutkan piala bergilir Walikota Tangerang Bapak H. Arif R Wismansyah,” ungkapnya.

Menurut Dr. Masruri yang juga saat ini menjabat sebagai Wakil dekan (Wadek II) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Kota Tangerang bidang Kemahasiswaan tersebut, mengungkapkan bahwa dengan diselenggarakannya Konvensi Mutu ini diharapkan :

1. Setiap perusahaan akan dapat
melaksanakan daur PDCA secara konsisten dalam rangka pelaksanaan Continuous Improvement disetiap jenis dan bidang kerja.

2. Dan juga sebagai ajang mengukur tingkat keterampilan kegiatan Mutu (GKM, SS, dll) dalam menerapkan Konsep PDCA.
3. Meningkatkan Motivasi karyawan dalam meningkatkan kesadaran pentingnya Budaya Mutu.
4. Sebagai ajang sharing dan berbagi pengalaman dalam kegiatan Mutu dimasing-masing Perusahaan.
5. Sebagai evaluasi dalam melaksanakan kegiatan mutu di masing-masing Perusahaan peserta Konvensi.
6. Sebagai ajang promosi hasil-hasil produk, baik barang maupun jasa masing-masing Dunia Industri.

“Konvensi Mutu ke – XXVI ini juga dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara oleh Forum Komunikasi Manajemen Mutu Tangerang (FKMMT) setelah 2 tahun tidak melaksanakan kegiatan Konvensi Mutu. Tapi FKMMT tetap konsisten dalam menyebarluaskankan budaya mutu di wilayah Tangerang Raya pada khususnya dan di Provinsi Banten pada umumnya. Ini sebagai bukti nyata kerja FKMMT dalam menyebarluasan budaya Mutu, maka kami mengundang seluruh “Dunia Industri” baik barang maupun jasa untuk ikut berperan serta pada Konvensi Mutu ke- XXVI tahun 2022, baik sebagai  Peserta Konvensi, Peninjau maupun sebagai Donatur,” ujarnya.

Kegiatan konvensi mutu merupakan kegiatan yang bersifat regional dengan berbagai kegiatan yang bernuansa pembinaan, tukar informasi, promosi dan temu ilmiah. Dari kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat industri betapa pentingya mutu produk (barang dan jasa).

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensuport kegiatan Konvensi Mutu ke – XXVI tahun 2022 ini yang insya Alloh dibuka esok hari Sabtu, 12 Nopember 2022 hingga Minggu 13 Nopember 2022. Dan khususnya kepada Bapak Edi Jumaini dan Bapak Sugiyarno yang telah bekerja keras untuk sukses dan terselenggaranya acara Konvensi Mutu ke – XXVI Tangerang Raya ini,” pungkasnya. (BTL/Bn)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.