Monday, December 6, 2021
Home > News > Public Service > Enak Tak Repot, Vaksin Keliling Ala Kelurahan Ketapang

Enak Tak Repot, Vaksin Keliling Ala Kelurahan Ketapang


Banten-News | Public Service | Tangerang Kota

Membuat cakupan vaksinasi semakin meluas dan mempermudah akses warga untuk mendapat vaksinasi covid-19. Kelurahan Ketapang bersama tim Puskesmas Ketapang sudah beberapa bulan terakhir ini, gencar melakoni vaksin keliling atau biasa disebut dengan vaksin door to door. Kali ini vaksin keliling menyasar warga RT 4, RW 01, Selasa (16/11/21).

Dalam kegiatan ini, petugas melakukan blusukan ke kampung-kampung, gang-gang untuk menyisir dan memastikan lebih pasti warga mana yang belum divaksin, dan bisa segera divaksinasi.

Lurah Ketapang, Alex Saadon mengungkapkan ini sebagai salah satu layanan kemudahan masyarakat untuk mendapat vaksinasi. “Tak perlu repot keluar rumah untuk pergi ke sentra vaksinasi. Petugas vaksin keliling siap ke rumah warga, khususnya mereka-mereka yang memang kesulitan ke sentra vaksin, salah satunya seperti lansia,” ungkap Alex.

Kata Alex, vaksin keliling ini juga ditujukan untuk melakukan pendekatan, pada warga yang masih takut dengan vaksinasi. “Namun, setelah diberikan edukasi dan pendekatan secara langsung oleh petugas puskesmas. Alhamdulillah, banyak warga yang akhirnya mau dan bersedia di vaksin,” ungkap Alex.

Hingga saat ini, berdasarkan data SiGacor capaian vaksinasi Kelurahan Ketapang sudah mencapai 89 persen. Secara rinci, 10.492 jiwa pada dosis satu, 8.301 jiwa pada dosis dua dari target 11.778 jiwa.

“Untuk hari ini vaksin keliling berhasil menyisir 30 warga, semoga bisa terus digencarkan baik vaksinasi keliling, tingkat RW maupun sentra utama tingkat kelurahan. Sehingga, angka capaian vaksinasi Kelurahan Ketapang bisa segera terselesaikan dan terpenting benar-benar tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ketapang, dr Muhammad Ilham menuturkan langkah ini sebagai bentuk nyata mempermudah warga untuk mendapat vaksinasi. “Setiap pelaksanaan, Puskesmas Ketapang menutunkan sekitar empat tenaga kesehatan dan untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Pfizer. Jika lingkungannya mau didatangkan tim vaksin keliling, warga bisa koordinasi dengan kelurahan. Puskesmas dan kelurahan pastinya siap datang,” katanya. (Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *