Sunday, July 3, 2022
Home > News > Education > DP3A Gelar Pemilihan Duta Anak Kabupaten Tangerang 2022

DP3A Gelar Pemilihan Duta Anak Kabupaten Tangerang 2022


Banten-News | Education | Tangerang Kab

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang kembali menggelar pemilihan Duta Anak Kabupaten Tangerang 2022, Senin (23/5/2022). Kegiatan yang bertajuk “Masa Depan adalah Milik Kita yang Aktif, Kreatif dan Inovatif” tersebut bertempat di Aula Gemilang, Gedung DP3A Kabupaten Tangerang.

Kepala DP3A Kabupaten Tangerang, Asep Suherman, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan dan memenuhi hak partisipasi anak.

“Duta anak ini nantinya akan menjadi garda terdepan yang mempelopori tentang pemenuhan hak anak dan juga pencegahan kekerasan pada anak terutama di wilayah Kabupaten Tangerang. Mereka memiliki peran sebagai Pelopor dan Pelapor (2P),” katanya.

Menurut Asep, pelopor tersebut akan membantu mengatasi permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya dan menjadi pelapor yang berkaitan dengan pemenuhan anak melalui berbagai macam saluran yang disediakan pemerintah sehingga dapat mencapai kesejahteraan anak di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Pemilihan duta anak tersebut dilalui dengan proses yang ketat. Peserta diambil dari masing-masing kecamatan yang totalnya ada 29 peserta yang kemudian diseleksi kembali menjadi 6 peserta yang nantinya akan dipilih sebagai juara 1-3 dan sisanya sebagai Duta Pendidikan, Duta Kebudayaan dan juga Duta Persahabatan,” tuturnya.

Untuk indikator penilaian pada pemilihan ini, Asep menuturkan, terdapat kurang lebih 6 poin penilaian yakni pengetahuan umum, penguasaan tentang 2P, penguasaan tentang konvensi hak anak, public speaking, prestasi yang telah diraih serta pengalaman berorganisasi.

“Harapannya duta anak yang terpilih adalah mereka yang bisa bekerja sama dan berkontribusi baik dengan forum anak demi tercapainya Kabupaten/Kota Layak Anak dan Kabupaten Sayang Barudak,” harapnya.

Diketahui, kegiatan pemilihan duta anak ini rutin digelar setiap tahunnya. Nantinya, juara 1 pada pemilihan duta anak ini akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi.

Sementara itu, raut gembira dan bangga terpancar jelas dari wajah Amanda Nurul Ashrina, peserta asal Kecamatan Pagedangan yang berhasil meraih juara 1 Duta Anak Kabupaten Tangerang 2022.

“Sebenarnya saya merasa tidak nyangka karna terpilih menjadi juara dalam pemilihan Duta Anak ini, tetapi saya juga bahagia dan terharu karna bisa ikut berkontribusi untuk anak-anak lainnya,” katanya.

Amanda mengungkapkan kedepannya ia ingin lebih berkontribusi dan mengembangkan program kerja yang ia telah programkan.

“Buat anak-anak yang di luar sana, kalian harus percaya sama diri kalian sendiri dan jika kalian butuh bantuan, bisa hubungi DP3A untuk melakukan laporan. Tetap semangat teman-teman semua,” tuturnya. (An/Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.