Thursday, October 1, 2020
Home > Life > Art & Culture > Diklaim Saka Buana, Masjid Bambu Terbesar Dibangun di Banten

Diklaim Saka Buana, Masjid Bambu Terbesar Dibangun di Banten


Banten memiliki sebuah masjid yang terbuat dari bambu. Masjid tersebut diberi nama Saka Buana dan diklaim sebagai masjid bambu terbesar di Indonesia.

Multa F | Banten-News | Publuc Service | Banten

Dari keunikan bentuknya yang memiliki filosofi Islami dan dibangun menggunakan material bambu, Masjid Saka Buana memiliki bentuk dan pemilihan material yang sangat unik dengan konsep alam pada struktur bangunannya.

Sebagai nuansa khasanah budaya dan kearifan lokal, bambu dipilih sebagai material utama pada desain bangunan masjid menjadikan Masjid Saka Buana memiliki keunikan tersendiri.

Masjid Saka Buana yang memiliki luas bangunan 260 meter persegi disebut oleh Yayasan Bambu Indonesia sebagai masjid bambu terbesar se-Indonesia, yang berarsitektur Jawa Barat dengan model “Parahu Nangkub” atau perahu dengan posisi tengkurap ini bahkan menjadi bangunan masjid bambu terbesar di dunia.

Keindahan terlihat di Masjid ini yang berlokasi di halaman Kantor Operasional Toll Tangerang-Merak di Ciujung, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten.

Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan, Masjid Saka Buana dibangun menggunakan material bambu karena ingin mengambil konsep alam dan unik.

“Bambu yang dipilih sebagai material utama pada desain bangunan masjid merupakan khasanah budaya dan kearifan lokal. Dengan komposisi 60% struktur bangunan masjid menggunakan material dari bambu,” kata Kris, Kamis, 23 Januari 2020.

Kris menambahkan, masjid yang diresmikan pada Senin 20 Januari 2020 diberi nama Masjid Saka Buana mengutip bahasa Sansekerta dari kata “saka” yang berarti tiang dan “buana” yang berarti dunia. Jadi Saka Buana memiliki arti “Tiang Dunia”.

Secara struktur bangunan, bambu dipilih sebagai material utama pada desain bangunan masjid, sebagai nuansa khasanah budaya dan kearifan lokal. Dengan komposisi 60% struktur bangunan menggunakan material dari bambu dengan luas 207 meter persegi, Masjid Saka Buana diklaim menjadi masjid bambu terbesar se-Indonesia.

Penamaan Masjid Saka Buana sendiri mengutip Bahasa Sansekerta dari kata “Saka” yang berarti Tiang dan “Buana” yang berarti Dunia. Saka Buana atau “Tiang Dunia” memiliki makna dengan adanya keberadaan Masjid Saka Buana, Insan ASTRA Infra dan seluruh masyarakat muslim dapat memiliki pondasi yang kuat dengan selalu beribadah sholat berjamaah, sebagaimana kita tahu bahwa sholat merupakan tiang agama.

Seperti adanya lima buah bambu runcing yang terletak di mihrab yang menggambarkan rukun islam serta ada bambu yang berbentuk tudung puteri yang melingkar dengan 6 bilang potongan menggambarkan rukun iman, serta ada 2 buah tiang bambu terbesar di mihrab menggambarkan dua kalimat syahadat dan masih banyak lagi filosofi lainnya.

Masjid ini juga terbuka untuk siapapun yang hendak melaksanakan ibadah. Selain itu diharapkan masjid ini menjadi salah satu tempat tujuan beribadah masyarakat ketika mengunjungi Banten.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close