Sunday, January 17, 2021
Home > News > Public Service > Daerah Otonomi Baru Tangerang Tengah Sulit Terealisasi Tahun Ini

Daerah Otonomi Baru Tangerang Tengah Sulit Terealisasi Tahun Ini


Sejumlah tokoh Tangerang Tengah menemui Wakil Bupati Tangerang untuk menyampaikan aspirasi DOB Tangerang Tengah, beberapa waktu lalu. (istimewa)

Banten-News | Public Service | Tangerang

Pemekaran Kabupaten atau Kota Tangerang Tengah nampaknya belum bisa direalisasikan tahun 2020 ini. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini belum mencabut moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pusat Penerangan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Aang Witarsa Rofik menyatakan, sejak tahun 2014, Kemendagri telah menerima usulan pembentukan 315 Daerah Otonomi Baru (DOB).

Namun usulan tersebut tidak bisa diproses. Dengan alasan pemerintah masih melakukan moratorium terhadap permintaan Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Tugas kita kan menerima aspirasi. Tetapi kita jelaskan dan tegaskan bahwa kebijakan kita masih moratorium, ada 315 yang sudah mengajukan secara surat, 255 di antaranya beserta dokumen-dokumennya,” kata Aang melalui telepon, Rabu, 12 Februari 2020.

Pernyataan tersebut, disampaikan Aang menanggapi rencana pembentukan Kabupten atau Kota Tangerang Tengah yang akan menjadi DOB di Kabupten Tangerang.

Aang mengaku tidak tahu apakah berkas usulan pemekaran Tangerang Tengah sudah masuk atau belum ke Kemendagri.

“Sekali lagi, sampai akhir 2019 sekitar 315 usulan DOB. Untuk pemekaran Tangerang Tengah, saya belum cek udah masuk atau belum,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Aang, pada prinsipnya Kemendagri menghormati gagasan untuk membentuk daerah otonomi baru atau pemekaran, maupun penggabungan daerah otonomi. Meski keputusan Pemerintah masih pada tataran regulasi dan kebijakan moratorium.

“Gagasan atau aspirasi pemekaran Tangerang Tengah boleh saja, namun sampai saat ini kebijakan masih moratorium baik provinsi, maupun kabupten/kota,” pungkasnya.

Seperti diketahui, aspirasi pemekaran Tangerang Tengah muncul. Bahkan dikabarkan sejumlah masyarakat Tangerang Tengah sudah bertemu dengan Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli untuk menyampaikan aspirasi tersebut.

DOB Tangerang Tengah itu, direncanakan terdiri dari 5 Kecamatan yakni, Kecamatan Kelapa dua, Kecamatan Cisauk, Pagedangan, Curug, dan Legok. (redaksi24news).

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close