Sunday, September 27, 2020
Home > News > Crime & Law > Buron 17 Tahun, Maria Pembobol Bank BNI Senilai 1,7 Triliun Ditangkap

Buron 17 Tahun, Maria Pembobol Bank BNI Senilai 1,7 Triliun Ditangkap


Banten-News | Crime & Law | Tangerang Kota

Maria Pauline, pembobol Bank BNI senilai Rp 1,7 Triliun ditangkap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) setelah buron selama 17 tahun. Buronan itu ditangkap di Serbia. Saat ini, Maria telah dibawa Bareskrim Polri.

Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasona Laoly menjelaskan, sebelum ditangkap pada 2003 Maria melarikan diri ke Singapura atau sebulan sebelum ditetapkan tersangka pembobl bank BNI dengan modus kreditif fiktif.

“Jadi selama buron itu, Tersangka (Maria_red) diketahui sering pulang pergi Singapura-Belanda. Tersangka dikeatui sudah menjadi Warga Negara Belanda,” kata Yasona saat menggelar konfrensi pers di Bandaara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (9/7/2020).

Selama berada di Belanda, Lanjut Yasona, pihaknya sudah berulang kali meminta Pemerintah Belanda untuk melakukan ekstardisi, namun ditolak oleh Belanda karena Indonesia tidak memiliki perjanjian ekstradisi. Akhirnya pada 16 Juni 2019, tersangka di tangkap di Bandara Udara Intrnasional Nikola Tesla Boegrad, Serbia oleh Interpol.

“Setelah dilakukan pendekatan serta negosiasi. Akhirnya sekarang tersangka bisa di ekstardisi ke Indonesia,” ungkapnya.

Dalam Kesempatan ini, Yasona menyampaikan, bahwa Indonesia tidak memiliki perjanjian ekstardisi dengan Serbia, namun dengan hubungan baik antara Indonesia dengan Serbia. Akhirnya tersangka bisa dibawa ke Indonesia.

“Dapat dan sukses kita bisa membawa tersangka kemari (Indonesia_red) dapat menjalani hukum semesti biasanya,” pungkasnya. (radar24news.com/imron)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close