Sunday, September 27, 2020
Home > Life > Environment > Bupati Zaki Harapkan Dibuatkan Pemusnahan Sampah Kapasitas Besar

Bupati Zaki Harapkan Dibuatkan Pemusnahan Sampah Kapasitas Besar


Banten-News | Environment | Tangerang Kabupaten

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan kunjungan ke TPST (Tempat Pengelolan Sampah Terpadu) Citra Raya untuk melihat proses pemusnahan sampah menggunakan prototipe incinerator mini.

Bupati Zaki tiba di TPST Citra Raya di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, didampingi oleh Kepala Bappeda Taufik Emil, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ahmad Taufik, dan Camat Panongan serta beberapa pejabat lainnya, Senin, (6/7/2020).

Di sela-sela kunjungannya, Bupati Zaki mengatakan hari ini melihat salah satu upaya dari Citra Raya dalam rangka mengurangi sampah yaitu dengan sistem incinerator (pemusnahan sampah dengan dibakar). Ini adalah sampel dengan kapasitas kecil, 4 kubik perhari yang nanti masih dalam uji coba dan penyempurnaan.

“Semoga nanti kita bisa lihat sistem yang sempurna kemudian mekanisme yang lebih baik, dan ramah lingkungan serta aman. Kapasitas lebih besar. Kami dari pemerintah Kabupaten Tangerang mendukung program dan upaya untuk meminimalisir sampah yang akan dibawa ke TPA,” ucap Zaki.

Bupati Zaki Berharap semoga ini menjadi kerjasama antara elemen masyarakat dengan pemerintah daerah yang mudah-mudahan bisa mengurangi sampah di masa yang akan datang, dan ini masih diujicobakan terlebih dahulu kita sedang mencoba mencari sistem yang memakai energi terbarukan.

Sementara itu, Bambang selaku pengelola dan pembuat prototipe incenerator mengatakan kalau menganggap sampah itu adalah musuh, tidak bisa diatasi dengan seperti itu. Justru sampah harus segera diatasi dengan baik dan dimusnahkan.

“Sampah semakin hari semakin banyak. Jadi sampah harus dimusnahkan dengan jumlahnya melebihi dari jumlah sampah yang datang agar sampah bisa terus berkurang,” katanya.

Menurutnya, prototipe incenerator ini bisa menampung sampah 4 kubik dan dari hasil buangannya atau tingkat pencemaran udaranya sangat rendah. Bahkan sudah dites oleh instansi terkait terhadap ambang batas kewajaran dan semuanya masuk dalam kategori ambang batas dan aman bagi udara di sekitar.

“Incenerator ini masih berupa prototipe dan ke depannya, saya bersama tim akan mengembangkan prototipe yang lebih baik dan juga sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita dan harapan dari Bupati Tangerang untuk bisa mengurangi sampah yang ada di Kabupaten Tangerang,” terangnya. (bah)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close