Friday, April 19, 2024
Home > News > Public Service > BSN Apresiasi Labkesda Kota Tangerang

BSN Apresiasi Labkesda Kota Tangerang


Banten-News | Pulic Service | Tangerang Kota

Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan apresiasi kepada UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang untuk Kategori Lembaga Penilaian Kesesuaian, pada Bulan Mutu Nasional yang dilaksanakan pada, Rabu (4/11/2020).

Diberikannya penghargaan tersebut karena Labkesda Kota Tangerang telah berkontibusi positif dalam penanganan Covid-19.

“Apresiasi ini diberikan karena kami masuk dalam kategori yang diberikan BSN. Seperti, kontribusi positif dalam penanganan Covid-19, komitmen dalam penerapan SNI dan fasilitas serta perlengkapan yang memadai dengan dukungan 15 analis,” ucap Kepala Labkesda Kota Tangerang, dr. Lulik Sri Adarini, saat ditemui di kantornya, Kamis, (5/11/2020)

Sampai saat ini, Labkesda Kota Tangerang telah melakukan pemeriksaan lebih dari 20 ribu sampel. Dengan kapasitas 300-350 sampel setiap harinya.

“Dengan perlengkapan yang ada seperti biosafety level dua, dua ekstraktor, tiga Polymerase Chain Reaction (PCR), Laminar Air Flow (LAF) dan Master Mix. Kami juga bisa melayani pemeriksaan pasien hingga 350 disetiap harinya,” jelas Lulik.

Labkesda yang telah berdiri sejak tahun 2017, turut melayani pemeriksaan swab secara gratis bagi warga Kota Tangerang yang dirujuk dari rumah sakit yang ada di Kota Tangerang ataupun Puskesmas.

“Tes swab di kami (labkesda) gratis, namun harus memiliki surat rujukan dulu baru bisa, karena kami tidak melayani secara individu,” pungkasnya.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno, mengatakan, selain dari kesigapan sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni. Labkesda Kota Tangerang juga memiliki komitmen besar untuk turut berperan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Selain dari tenaga dan fasilitas, Labkesda Kota Tangerang sangat kompeten karena Labkesda ini sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional. Dan apa yang diupayakan Pemkot melalui Labkesda memenuhi kriteria penghargaan yang BSN berikan,” kata Heru.

Selain itu, untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu, lanjut Heru, Labkesda Kota Tangerang senantiasa mendapatkan pengawasan dari Komite Akreditasi Nasional.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *