Wednesday, April 14, 2021
Home > News > Public Service > BPBD Kabupaten Tangerang Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

BPBD Kabupaten Tangerang Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana


Banten-News | Public Service | Tangerang Kabupaten 

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan simulasi Penanggulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) di Kantor Desa Cikande Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (1/4/2021).

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tangerang, Elih Khaerona, S.Pd, M.Si menjelaskan, simulasi penanggulangan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat apabila terjadi bencana banjir.

“Simulasi penanggulangan bencana kali ini bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia , paling tidak dapat meminimalisir dampak akibat banjir,” katanya.

Untuk wilyah Kabupaten Tangerang jelas Elih , ada 246 desa yang masuk dalam kerjasama kegiatan simulasi tersebut  dengan Wahana Visi , dan baru lima  Desa yakni, Desa Cikande, Kecamatan Jayanti kemudian Desa Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, dan Desa Jayanti.

“Sosialisasi ini diberikan kepada warga dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan tanggap terhadap bencana yang dapat saja terjadi tanpa bisa diprediksi,” tandasnya.

Sementa itu, Nofri Yohan Raco Project Officer Sinergi mengatakan bahwa simulasi penanggulangan bencana di Desa Cikande melibatkan warga setempat seperti Ketua lingkungan, tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, dan Karang Taruna.

Nofri Yohan Raco  menyebut, World Vision International adalah suatu organisasi Kristen yang bergerak dibidang kemanusiaan dengan fokus pelayanan kepada anak. Organisasi ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan baik yang bersifat tanggap darurat dan pengembangan masyarakat.

“ Simulasi di Desa Cikande berlangsung selama empat hari, dan telh melaksanakan simulasi di beberapa tempat yang dinilai rawan terjadi bencana. Simulasi meliputi  pemahaman kedaruratan bencana,antisipasi sampai proses evakuasi serta pendistribusian bantuan dan lain-lain,” ucap Nofri.

Kepala Desa Cikande Acep Eman berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang pada pelaksanaannya bisa konsisten dan cepat siaga dalam hal bantuan terhadap bencana yang kapan saja bisa terjadi. (sam)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close