Saturday, May 15, 2021
Home > News > Education > Belajar Berpuasa Untuk si Buah Hati

Belajar Berpuasa Untuk si Buah Hati


Banten-News | Education | Tangerang Kabupaten

Oleh : Siti Aulia Zannah,
Mahasiswi Semester 2, Jurusan Prodi PIAUD-STIT Islamic Village Tangerang

Hai ayah bunda yang berbahagia, bulan Ramdhan sudah memasuki akan pertengahannya loh. Apakah ayah-ayah bunda sudah mendidik si buah hati untuk belajar berpuasa? Nah… untuk dapat lebih meningkatkan pemahaman pendidikan belajar berpuasa sejak dini, mari kita bedah bersama hikmah apa saja yang dapat dipelajari buat si buah hati dalam belajar ibadah puasa dibulan Ramadhan.

Sebagimana telah diketahui bersama bahwa puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah yang termasuk dalam rukun Islam. Berdasarkan hal tersebut, maka Ibadah ini hendaknya sudah harus diperkenalkan sejak masih anak-anak.

Masa tumbuh kembang anak tentunya membutuhkan banyak bekal yang diberikan oleh orang tua. Mulai dari pembiasan hingga akhirnya menjadi habit dalam dirinya, pembetukan karakter Islami membutuhkan proses dari fase per fase ditiap masanya.

Belajar berpuasa sejak dini tentunya disesuaikan dengan kemampuan diri anak, orang tua tidak perlu memaksanya namun membimbing dan mengenalkan ibadah wajib bagi muslim. Puasa merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah SWT, dalam Hadits Qudsy “ Semua amal anak adam untuknya kecuali puasa, Ia untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya” H.R Bukhori dan Muslim.

Belajar puasa sejak dini, merupakan bagian proses orang tua pemerkenalkan dan menanamkan ketauhidan pada anak. Semakin baik ketauhidan anak dimulai sejak dini, tentunya akan semakin baik kecerdasan spiritual si buah hati yang kelak akan menjadi pondasi kuat dalam kehidupannya.

Belajar berpuasa dimulai dari pengenalan dan makna berpuasa, secara perlahan anak akan belajar puasa dalam beberapa tahapan saat ia sudah dianggap mampu. Anak diberikan bekal belajar puasa secara praktik dalam kehidupannya, secara tidak langsung akan terbangun kekuatan iman kepada Allah SWT.

Anak akan belajar hikmah berpuasa bagi anak usia dini, diantara sebagai berikut :

1) Niat untuk berpuasa mengajarkan tanggung jawab untuk menjalankan ibadah puasa. Proses belajar puasa tentunya diawali dengan anak diwajibkan untuk berniat ibadah puasa. Niat adalah sebuah komitmen pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu dan sebisa mungkin akan dijalankan dengan maksimal. Pada tahap ini, orang tua telah membimbing anak dan membentuk karakter anak untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah diambilnya. Melalui berniat puasa, anak akan membangun kebiasaan diri untuk pantang menyerah dan menyelesaikan segala yang telah diniatkan.

2) Belajar puasa akan membentuk pribadi jujur. Dengan berpuasa anak akan belajar kejujuran dalam dirinya, karena hanya diri sang anak dan Allah SWT yang dapat mengetahui akan kejujuran. Proses pembelajaran yang akan menjadi bekal kehidupan si buah hati kelak, anak akan belajar bahwa Allah SWT akan selalu mengetahui apapun yang diperbuat oleh manusia. Meskipun anak berbohong bahwa ia tidak melanggar ketentuan puasa terhadap orang lain, tapi Allah tetap mengetahui kebenarannya. Dengan belajar puasa akan membuat kebiasan diri untuk selalu jujur pada Allah SWT, dirinya sendiri, maupun orang lain.

3) Merawat diri untuk selalu menjaga kesehatan lahir dan batin. Dengan belajar berpuasa anak akan berproses untuk menjaga kesehatannya, anak akan dibimbing oleh ayah dan bunda bahwa ketentuan batas makan dan minum serta menjaga diri dan hawa nafsu amarah serta lainnya, maka anak akan mengenal kebutuhan diri yang harus diberikan dengan mengatur kedisiplinan dirinya. Begitu pentingnya belajar berpuasa sejak usia dini, memberikan pembimbingan dan pengenalan pada si buah hati sejak dini akan meberikan banyak manfaat diproses tumbuh kembangnya. Jadi ayah dan bunda, yuk… bersama memberikan pendidikan terbaik sejak masa usia dini, masa itu adalah masa terbaik membuat pondasi untuk ananda.

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close